Logo Lintasterkini

Ingat! Pemerintah Tak Punya Anggaran untuk Sediakan PCR Gratis

Maulana Karim
Maulana Karim

Senin, 08 November 2021 22:13

Ilustrasi Tes PCR. (Istimewa).
Ilustrasi Tes PCR. (Istimewa).

JAKARTA– Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa pemerintah tidak memiliki anggaran untuk menyediakan tes PCR gratis seluruh masyarakat.

Budi menyebut, bahwa anggaran yang ada hanya untuk tes PCR kepada suspek dan kontak erat yang datang ke Puskesmas.

“Memang anggarannya tidak ada di kita pak sekarang, jadi untuk tahun ini agak sulit. Karena kita tidak memiliki anggaran untuk itu,” ujar Budi menjawab pernyataan anggota Komisi IX DPR RI ketika rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip dari merdeka.com, Senin (8/11/2021).

Dia menerangkan, pemerintah menggratiskan tes PCR untuk suspek dan pelacakan kontak erat sementara untuk skrining tidak ditanggung negara. Dia juga menyebut, epidemiolog menyarankan, testing yang benar memang untuk suspek dan pelacakan kontak erat.

“Karena memang secara medis juga para epedemiolog selalu bilang testing yang benar adalah testing suspek dan kontak erat yang dilakukan di Puskesmas-Puskesmas kita,” katanya.

Selain itu, dalam rapat terbatas siang tadi Budi juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo meminta mengkaji kembali testing epidemiologis.

Meski disarankan para epidemiolog, cara ini memiliki kelemahan dari masyarakatnya yang enggan menjalani tes jika kontak erat.

“Jadi orang-orang kita tuh begitu sudah turun, dia kontak erat mau dites gak mau dan dipaksa kita enggak ada leveragenya,” kata dia.

“Berbeda dengan kalau ini ada leveragenya, walau ini bukan basic epidemilogisnya tapi kalau mau dites kan gak bisa terbang, itu ada leveragenya. Nah ini yang sedang dibahas, minggu depan kami diminta masukan ke bapak Presiden,” jelas Budi.

 Komentar

 Terbaru

News29 November 2021 23:43
Sejumlah ASN Pemkab Pinrang Teridentifikasi Menerima Bansos
PINRANG — Berdasarkan data yang telah dirilis Kemensos, terdapat 31.624 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut menerima Bantuan Sosial (Bansos) y...
Peristiwa29 November 2021 23:26
Empat Pekerja Tambang Pasir Di Pinrang Terseret Arus Sungai Saddang
PINRANG – Nasib naas menimpa empat pekerja tambang pasir di Kabupaten Pinrang. Pasalnya, keempat warga Lasape Desa Katomporang Kecamatan Duampan...
Hukum & Kriminal29 November 2021 23:17
Palu Sidang Diketok, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara
Sidang untuk kasus dugaan tindak pidana korupsi terhadap terdakwa Nurdin Abdullah akhirnya masuk pada pembacaan vonis, Senin (29/11/2021). Majelis hak...
News29 November 2021 23:03
Peringati HUT Ke – 58, Yonif 721 Mks Gelar Khitanan Massal
PINRANG — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 58, Batalyon Infanteri (Yonif) 721 Makassau (Mks) menggelar kegiatan Bakti...