Logo Lintasterkini

Penumpang Lion Air, Batik Air, dan Wings Air, Tes PCR Cuma Rp195 Ribu, Ini Syaratnya

Maulana Karim
Maulana Karim

Jumat, 29 Oktober 2021 22:46

Ilustrasi Tes PCR. (Istimewa).
Ilustrasi Tes PCR. (Istimewa).

JAKARTA– Mengikuti imbauan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), maskapai Lion Group kembali menurunkan tarif PCR untuk penumpangnya. Tarifnya kini mencapai Rp195 ribu.

Jadi jika ingin naik pesawat yang berada di bawah naungan Lion Group yaitu Lion Air, Batik Air, dan Wings Air, tarif tes PCR-nya mulai Rp195 ribu.

 

Seperti dikutip detikTravel dari siaran persnya, Jumat (29/10/2010), per hari ini Lion Air Group merekomendasikan layanan pelaksanaan uji kesehatan pengambilan dan pengujian sampel kerjasama berbagai fasilitas kesehatan (faskes) dan laboratorium RT-PCR terdiri dari:

1. RT-PCR Rp195.000

a. Khusus area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) di mitra jejaring fasilitas kesehatan
– Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM).
– Satu Laboratorika Utama (SWABAJA).

b. Keberangkatan utama dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP).

2. RT-PCR Rp225.000

a. Khusus area Medan, Batam, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Manado di mitra jejaring fasilitas kesehatan:
– Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM), Medan.
– Mitra Medika, Medan
– Satu Laboratorika Utama (SWABAJA), Batam
– Satu Laboratorika Utama (SWABAJA), Semarang
– Satu Laboratorika Utama (SWABAJA), Surabaya
– Unicare Medical Clinic, Bali
– Satu Laboratorika Utama (SWABAJA), Makassar
– Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Utara (RS ODSK), Manado.
– Keberangkatan utama dari Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang (KNO), Bandar Udara Internasioinal Hang Nadim, Batam (BTH); Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang (SRG), Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo (SUB); Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros (UPG) dan Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi (MDC).

Persyaratan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut:

1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air), Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).

2. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket),

3. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan RT-PCR, maka dapat melakukan pembelian voucher RT-PCR hingga 30 jam sebelum keberangkatan dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.

4. Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.

5. Pemberlakuan khusus di jejaring SWABAJA hanya dilakukan dengan mekanisme pembayaran sistem voucher. Jejaring kerjasama dengan metode pembayaran: voucher atau langsung di tempat yaitu
– Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM), Jabodetabek dan Medan.
– Mitra Medika, Medan
– Unicare Medical Clinic, Bali
– Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Utara (RS ODSK), Manado.

6. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku.

7. Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa dikenakan biaya.

Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah dalam pengendalian penyebaran Covid-19 serta bagian usaha memastikan keamanan dan setiap calon penumpang dalam bepergian menggunakan pesawat udara telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

Pemberlakuan voucher terbaru dan terjangkau uji kesehatan telah disesuaikan dengan permintaan dan dinamika pasar yang berkembang. Lion Air Group optimis, ketersediaan layanan uji kesehatan mampu memberikan nilai lebih dan kemudahan setiap calon penumpang agar bisa merencanakan perjalanan udara sehat, aman dan menyenangkan.

Tarif terbaru RT-PCR akan memberikan nilai lebih serta sebagai solusi bagi calon penumpang berlokasi strategis di berbagai kota di Indonesia.Hasil pengujian sampel RT-PCR akan keluar rata-rata 12-24 jam.

Lion Air Group tengah mengembangkan dan mempersiapkan jejaring uji kesehatan di kota-kota lainnya.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1928 Januari 2022 12:10
Stock Booster di Makassar Capai 14.830 dosis
MAKASSAR – Stock vaksin booster di Kota Makassar saat ini mencapai 14.830 dosis. Masyarakat dapat memperolehnya di 83 titik layanan vaksinasi Co...
News27 Januari 2022 19:39
PD Parkir Makassar Jalin Kerjasama PDAM Kelola Perparkiran
MAKASSAR – PD Parkir Makassar Raya menjalin kerjasama dengan Perusda PDAM Makassar untuk mengelola perparkiran pada kawasan unit kerja mereka. P...
News27 Januari 2022 09:29
Demo depan Eks Pabrik Patun Makateks, Mahasiswa Saling Dorong dengan Warga
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemerhati Rakyat Sulsel, terlibat saling dorong dengan warga di pintu masuk halaman eks pabri...
Hukum & Kriminal27 Januari 2022 09:18
Cari Pembuat Surat Kematian Palsu, Allung Padang Buat Seyembara Hadiah Ratusan Juta
Tidak hanya mendesak penyidik Polres Palopo mengungkap pembuat surat palsu itu, ia juga membuat sayembara kepada masyarakat yang dapat mengungkap dan ...