Logo Lintasterkini

Viral Uang Kertas Pecahan Rp 1 Juta Beredar, BI Sebut Hoaks

Maulana Karim
Maulana Karim

Senin, 08 November 2021 15:13

Tangkapan Layar Video Viral yang Menunjukkan Uang Pecahan Rp 1 Juta. (Istimewa).
Tangkapan Layar Video Viral yang Menunjukkan Uang Pecahan Rp 1 Juta. (Istimewa).

JAKARTA– Sebuah video yang menampilkan uang kertas disebut sebagai uang pecahan Rp 1 juta viral di media sosial TikTok.

Pada lembaran uang tersebut tertulis sebagai uang spesimen Perum Peruri 1.0.

Salah satu unggahan video yang viral adalah unggahan yang diposting akun TikTok @Wandyskay.

“Uang pecahan selembar 1 juta #Baru #fypシ Viral,” tulis akun TikTok pengunggah video tersebut, dikutip pada Senin (8/11/21).

Hingga Jumat (5/11/2021) malam, unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 174 ribu kali dan disukai lebih dari 2.354 pengguna.

Menyikapi hal itu, Bank Indonesia (BI) akhirnya angkat bicara. Pihak BI menyebut uang tersebut tidak benar dan tidak berlaku di Indonesia. Pasalnya, uang rupiah yang sah untuk pembayaran di tanah air paling besar bernominal Rp100 ribu.

“Tidak benar, itu hoaks. Dapat saya sampaikan bahwa uang kertas pecahan yang berlaku saat ini, nominal terbesarnya adalah Rp100.000,” ungkap Direktur sekaligus Kepala Grup Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (8/11/21).

Namun, ia tidak ingin mengomentari soal jenis uang yang tertulis sebagai uang spesimen hasil keluaran Perum Peruri. “Silakan ditanyakan ke Peruri,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Perusahaan Peruri Adi Sunardi menyatakan manajemen memang mengeluarkan uang specimen, namun uang tersebut bersifat house note alias untuk kepentingan internal perusahaan.

Biasanya, uang tersebut digunakan untuk mempromosikan produk yang memuat seluruh fitur sekuriti yang mampu dilakukan oleh Peruri.

“Peruri tidak memperjualbelikan uang spesimen ini. Karena itu untuk pencetakan atau penerbitan uang specimen ini sendiri tidak rutin, mengikuti perkembangan teknologi fitur sekuriti yang ada,” jelas Adi.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News29 November 2021 23:43
Sejumlah ASN Pemkab Pinrang Teridentifikasi Menerima Bansos
PINRANG — Berdasarkan data yang telah dirilis Kemensos, terdapat 31.624 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut menerima Bantuan Sosial (Bansos) y...
Peristiwa29 November 2021 23:26
Empat Pekerja Tambang Pasir Di Pinrang Terseret Arus Sungai Saddang
PINRANG – Nasib naas menimpa empat pekerja tambang pasir di Kabupaten Pinrang. Pasalnya, keempat warga Lasape Desa Katomporang Kecamatan Duampan...
Hukum & Kriminal29 November 2021 23:17
Palu Sidang Diketok, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara
Sidang untuk kasus dugaan tindak pidana korupsi terhadap terdakwa Nurdin Abdullah akhirnya masuk pada pembacaan vonis, Senin (29/11/2021). Majelis hak...
News29 November 2021 23:03
Peringati HUT Ke – 58, Yonif 721 Mks Gelar Khitanan Massal
PINRANG — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 58, Batalyon Infanteri (Yonif) 721 Makassau (Mks) menggelar kegiatan Bakti...