Logo Lintasterkini

Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 11 Januari 2021 20:56

Gaya hidup sehat menambah imunitas tubuh di masa pandemi.
Gaya hidup sehat menambah imunitas tubuh di masa pandemi.

LINTASTERKINI.COM — Sudah hampir setahun ini kita hidup melawan pandemi virus corona (Covid-19). Kehidupan kita serba terbatas, bahkan aktivitas keseharian pun tak sebebas seperti masa sebelum pandemi.

Saat ini, usaha melawan pandemi telah memasuki babak baru. Dimana hampir seluruh negara meyakini bahwa vaksinasi bisa membuat kita dapat bertahan karena memiliki imunitas (kekebalan) tubuh melawan pandemi.

Tapi sebenarnya kita jangan pula melupakan bahwa sebenarnya tubuh kita sendiri dapat memproduksi imunitas secara alami. Kekebalan (imunitas) tubuh dapat kita ciptakan bukan hanya dengan vaksin, namun juga dengan menerapkan gaya hidup sehat.

WHO mendefinisikan gaya hidup sehat sebagai gaya hidup yang bertujuan mengurangi resiko mengidap penyakit serius atau meninggal di usia dini. Lebih dari itu, WHO juga mendefinisikan bahwa gaya hidup sehat juga tidak hanya tentang kesehatan fisik, melainkan juga sehat mental dan sejahtera.

Proporsi aktivitas yang lebih banyak di rumah membuat kita perlu berpikir untuk tetap membiasakan gaya hidup sehat, meskipun hanya dengan di rumah. Dengan hanya mengambil dua kebiasaan yaitu tetap aktif dalam beraktivitas fisik dan rajin makan buah dan sayur, maka kita telah memulai langkah sederhana untuk membiasakan gaya hidup sehat.

Dilansir dari laman resmi WHO, bahwa melakukan gerakan fisik selama Work From Home (WFH) dengan intensitas ringan selama 3-4 menit seperti jalan kaki, atau peregangan dapat melemaskan otot. Selain itu, aktivitas ringan yang dilakukan di dalam rumah akan memperlancar peredaran darah serta aktivitas otot.

Aktivitas fisik yang teratur dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengatur berat badan, dan mengurangi resiko penyakit jantung dan beberapa tipe kanker.

Ingat, bahwa orang yang paling rentan jika terpapar virus COVID-19 adalah mereka yang memiliki riwayat penyakit-penyakit bawaan. Namun dengan aktivitas sederhana di atas, dapat membantu tubuh meningkatkan imunitas baik terhadap penyakit bawaan dan juga COVID-19.

Membiasakan makan buah dan sayur pun merupakan salah satu langkah gaya hidup sehat yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus COVID-19. Hal ini dikarenakan buah memiliki zat mikro nutrien berupa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh meskipun dalam jumlah sedikit. (*)

 Komentar

 Terbaru

Tenaga Ahl BNPB Ungkap Doni Monardo belum Divaksin Covid-19
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 03:17
Tenaga Ahl BNPB Ungkap Doni Monardo belum Divaksin Covid-19
“Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bers...
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tertular Virus Corona Saat Makan Bersama
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 02:52
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tertular Virus Corona Saat Makan Bersama
“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah te...
Update 23 Januari, Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Capai 27.664 Jiwa
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 00:49
Update 23 Januari, Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Capai 27.664 Jiwa
JAKARTA — Perkembangan harian penanganan Covid-19 per hari ini, Sabtu (23/1/2021) kembali mencatat tambahan pada angka pasien yang meninggal dun...
Dirjendikti Percayakan LLDIKTI IX Salurkan Bantuan Gempa Mamuju
News24 Januari 2021 00:20
Dirjendikti Percayakan LLDIKTI IX Salurkan Bantuan Gempa Mamuju
"Dengan kepercayaan ini, LLDikti Wilayah IX lebih bersemangat lagi untuk menyalurkan program bantuan untuk korban dan lebih khusus lagi program recove...