Logo Lintasterkini

Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 11 Januari 2021 20:56

Gaya hidup sehat menambah imunitas tubuh di masa pandemi.
Gaya hidup sehat menambah imunitas tubuh di masa pandemi.

LINTASTERKINI.COM — Sudah hampir setahun ini kita hidup melawan pandemi virus corona (Covid-19). Kehidupan kita serba terbatas, bahkan aktivitas keseharian pun tak sebebas seperti masa sebelum pandemi.

Saat ini, usaha melawan pandemi telah memasuki babak baru. Dimana hampir seluruh negara meyakini bahwa vaksinasi bisa membuat kita dapat bertahan karena memiliki imunitas (kekebalan) tubuh melawan pandemi.

Tapi sebenarnya kita jangan pula melupakan bahwa sebenarnya tubuh kita sendiri dapat memproduksi imunitas secara alami. Kekebalan (imunitas) tubuh dapat kita ciptakan bukan hanya dengan vaksin, namun juga dengan menerapkan gaya hidup sehat.

WHO mendefinisikan gaya hidup sehat sebagai gaya hidup yang bertujuan mengurangi resiko mengidap penyakit serius atau meninggal di usia dini. Lebih dari itu, WHO juga mendefinisikan bahwa gaya hidup sehat juga tidak hanya tentang kesehatan fisik, melainkan juga sehat mental dan sejahtera.

Proporsi aktivitas yang lebih banyak di rumah membuat kita perlu berpikir untuk tetap membiasakan gaya hidup sehat, meskipun hanya dengan di rumah. Dengan hanya mengambil dua kebiasaan yaitu tetap aktif dalam beraktivitas fisik dan rajin makan buah dan sayur, maka kita telah memulai langkah sederhana untuk membiasakan gaya hidup sehat.

Dilansir dari laman resmi WHO, bahwa melakukan gerakan fisik selama Work From Home (WFH) dengan intensitas ringan selama 3-4 menit seperti jalan kaki, atau peregangan dapat melemaskan otot. Selain itu, aktivitas ringan yang dilakukan di dalam rumah akan memperlancar peredaran darah serta aktivitas otot.

Aktivitas fisik yang teratur dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengatur berat badan, dan mengurangi resiko penyakit jantung dan beberapa tipe kanker.

Ingat, bahwa orang yang paling rentan jika terpapar virus COVID-19 adalah mereka yang memiliki riwayat penyakit-penyakit bawaan. Namun dengan aktivitas sederhana di atas, dapat membantu tubuh meningkatkan imunitas baik terhadap penyakit bawaan dan juga COVID-19.

Membiasakan makan buah dan sayur pun merupakan salah satu langkah gaya hidup sehat yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus COVID-19. Hal ini dikarenakan buah memiliki zat mikro nutrien berupa vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh meskipun dalam jumlah sedikit. (*)

 Komentar

 Terbaru

News04 Desember 2022 21:12
Hari Pertama Reses, Rudianto Lallo Terima Keluhan Drainase dan Jalan Rusak
MAKASSAR— Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo kembali menyapa warga Kelurahan Kaluku Bodoa dan Pannampu Kecamatan Tallo, Kota Makassar dala...
Advetorial04 Desember 2022 18:13
Tips Memilih Maskapai Penerbangan Saat Liburan
MENJELANG akhir tahun, banyak orang yang mulai mencari tiket transportasi dan penginapan secara online untuk liburan. Hal ini dilakukan agar bisa mend...
News04 Desember 2022 13:42
Ari Ashari Ilham Sebut Persoalan Krusial di Makassar Adakah Banjir
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Ari Ashari Ilham menilai permasalahan paling krusial yang dihadapi masyarakat Kota Makassar saat ini adal...
News03 Desember 2022 15:23
Supratman Banyak Menerima Kelurahan Soal Infrastruktur
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Supratman kembali menyapa warga saat Reses Pertama Masa Persidangan Pertama Masa Sidang 2022-2023, Jl Pan...