Logo Lintasterkini

Panglima TNI Letakan Batu Pertama Renovasi Museum Satria Mandala

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 11 Maret 2021 16:03

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P memberi sambutan pada petakan batu pertama renovasi Museum Satria Mandala. 
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P memberi sambutan pada petakan batu pertama renovasi Museum Satria Mandala.

JAKARTA — Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P melakukan peletakan batu pertama renovasi dan revitalisasi Museum Satria Mandala di Komplek Pusat Sejarah TNI, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Panglima TNI didampingi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Kasau Marsekal TNI Fajar Prasetyo, Wakasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari dan Ketum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto.

Dalam sambutanya Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa museum Satria Mandala menjadi bagian penting dari pelestarian sejarah. Selain itu keberadaannya dapat membangun jiwa kebangsaan dan patriotisme, khususnya bagi generasi muda.

“Museum Satria Mandala menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat, khususnya terkait sejarah TNI. Sejarah TNI tidak dapat dilepaskan dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia,” ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Hadi Tjahjanto mengatakan, nilai-nilai perjuangan, pengorbanan, jiwa pantang menyerah serta persatuan dan kesatuan perlu diwariskan kepada generasi masa depan bangsa. Ia menegaskan, menjadi tanggung jawab kita semua untuk meneruskan nilai-nilai sejarah tersebut agar tidak lekang oleh zaman.

“Masih banyak peristiwa-peristiwa sejarah yang perlu digali lebih dalam,” katanya.

Ia melanjutkan, museum harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman agar tetap menarik serta menyajikan informasi yang menggugah. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menampilkan benda sejarah secara lebih interaktif.

“Kemajuan teknologi dan disrupsi akibat pandemi membawa perubahan bagi banyak museum di dunia. Kunjungan virtual, interaksi secara digital, dan berbagai inovasi lainnya memungkinkan imajinasi anak muda dikombinasikan dengan nilai-nilai perjuangan bangsa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengingatkan pentingnya museum bagi generasi penerus bangsa. Sehingga TNI perlu melaksanakan program renovasi dan revitalisasi Museum Satria Mandala.

“Untuk memperkaya khazanah dan referensi, hari ini akan mulai pula dikembangkan Museum Dharma Pertiwi yang akan menjadi bagian dari Museum Satria Mandala,” tuturnya.

Museum Dharma Pertiwi yang diprakarsai oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto ini merupakan wujud nyata penghormatan terhadap peran dan pengabdian Dharma Pertiwi. Tentunya tidak lepas dari pengabdian TNI dan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia.

Panglima TNI menginginkan dengan adanya museum ini dapat menumbuhkan semangat nilai-nilai perjuangan para pahlawan terpatri dalam jiwa generasi muda. Menurut dia, Museum Satria Mandala ini selain untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan, sarana edukasi dan pariwisata, juga dapat menambah nilai ekonomisnya dengan memperkenalkan produk-produk dari Dharma Pertiwi dan istri prajurit TNI. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Januari 2022 14:54
Polisi Tangkap Penyebar Video Mesum Pelajar di Tana Toraja
TORAJA – Aparat Reskrim Polres Tana Toraja melakukan penangkapan terhadap YP (22) karena diduga merekam dan menyebarkan video mesum. YP (22), ad...
News20 Januari 2022 13:30
Sampah di Jalan Deppasawi Dalam Dibersihkan, Warga Apresiasi Camat Tamalate
"Hampir setiap hari warga membuang sampah di lokasi tersebut karena melihat ada penumpukan sampah. Jadi warga mengira kalau tempat itu jadi tempat sam...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 10:08
Sempat Ditahan di Polres Palopo, Warga Palopo ini Minta Keadilan ke Presiden Jokowi
"Selama 56 hari dari sejak tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 saya ditersangkan membuat dan memalsukan surat kematian ole...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 01:35
Klinik Kecantikan di Makassar Ini Sudah Palsukan 100 Lembar Hasil PCR
Ia ditahan setelah disangkakan dugaan pemalsuan hasil tes PCR COVID-19. Pelaku diamankan Polrestabes Makassar di klinik miliknya pada Jumat (14/1/2022...