Logo Lintasterkini

Ternyata Ada Lima Kopi Indonesia yang Mendunia, Salah Satunya Kopi Toraja

Maulana Karim
Maulana Karim

Kamis, 11 November 2021 23:52

Ilustrasi. (Istimewa).
Ilustrasi. (Istimewa).

Kopi sepertinya menjadi minuman paling populer beberapa tahun terakhir ini. Penggemarnya tua-muda, lelaki-perempuan.

Kedai atau warung kopi mewabah dari kaki lima hingga lokasi elite yang hanya bisa dijangkau orang berduit banyak.

Kualitas minuman kopi yang baik bergantung kepada kualitas biji dan cara mengolahnya. Sebab, tak semua tanah bisa menjadi media tanam yang baik bagi tumbuhan kopi.

Daerah tropis adalah daerah terbaik untuk menanam kopi. itulah mengapa Indonesia menjadi tempat kopi-kopi unggulan berkembang baik.

Dilansir dari Tempo.co, Kamis (11/11/2021), inilah lima kopi asli Indonesia yang mendunia:

1. Kopi Gayo
Kopi Gayo menempati urutan pertama. Kopi asal Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah ini memang terkenal akan kualitasnya, yang bahkan sudah mendunia. Jenisnya arabika.

Melansir laman Indonesia Baik, kopi Gayo mempunyai cita rasa yang tinggi. Aromanya dan nikmatnya khas. Tingkat keasamannya lebih rendah dan tingkat kepahitannya kuat.

2. Kopi Kintamani
Daerah Kintamani, Bali, menghasilkan kopi dengan ciri khas yang beda dari kopi daerah lain. Kopi Kintamani seperti diperkaya dengan cita rasa buah.

Itulah yang tidak dimiliki oleh kopi dari daerah lain. Rasa keasaman yang bercampur dengan rasa segar bersatu menghasilkan cita rasa unik.

3. Kopi Luwak
Kopi luwak menempati urutan ketiga sebagai jenis kopi asli Indonesia yang unggul dan mendunia. Prosesnya unik.

Kopi luwak merupakan kopi yang dalam proses produksinya dibantu oleh binatang luwak. Akibatnya, produksi kopi sangat terbatas sehingga menjadikannya langka dan mahal.

4. Kopi Sidikalang
Kopi Sidikalang mempunyai tekstur yang paling halus, di antara seluruh jenis kopi di dunia.

Kopi jenis ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Kepopulerannya sudah meluas dan kualitas rasanya juga tak dipertanyakan lagi.

5. Kopi Toraja
Jenis kopi unggulan yang mendunia berikutnya adalah kopi Toraja. Rasa kopi ini cukup berat, dengan ukuran yang tebal dan tingkat keasaman yang rendah.

Rasa kopi Toraja cenderung sangat pahit daripada jenis kopi lain. Jenis kopi di Toraja umumnya adalah robusta dan arabika.

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Mei 2022 19:32
Ciduk Tiga Pelaku Narkoba, Barang Bukti Dua Bal Sabu
PiNRANG — Tiga pelaku narkoba, HR, IR dan HD tak berkutik saat diciduk personel Satuan Resnarkoba Polres Pinrang di dua lokasi (TKP) berbeda bel...
Ekonomi & Bisnis20 Mei 2022 17:29
Hotel Royalbay Lepas dari Fox Lite, Hadirkan Banyak Paket Menarik
MAKASSAR – Hotel Royalbay kini tidak lagi berada dibawah naungan management Fox lite, tetapi diatur dan di manage oleh management lokal Royalbay...
News20 Mei 2022 16:09
Pokdar Kubar Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
KUTAI BARAT – Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan ( Pokdar) Kabupaten Kutai Barat dibawa pimpinan Mathias Genting, SH mensponsori pertemuan S...
Liputan Khusus20 Mei 2022 14:14
Tempat Cetak Pelat Palsu Berkeliaran di Makassar, Polisi Razia Pelat Modifikasi – Bagian 2, Selesai
MAKASSAR – Guna mengurangi penggunaan pelat modifikasi dan pelat palsu, pihak Subdit Gakum Ditlantas Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022), menggelar ...