Logo Lintasterkini

Hasil Final Euro 2020, Italia Menang Dramatis Atas Inggris Lewat Titik Putih

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 12 Juli 2021 06:44

Selebrasi gol Leonardo Bonucci. (Foto: Getty Images via BBC Live)
Selebrasi gol Leonardo Bonucci. (Foto: Getty Images via BBC Live)

LONDON — Pertandingan final Euoro 2020 antara Italia vs Inggris berakhir dramatis. Kemenangan diraih Italia melalui drama adu penalti.

Jalannya pertandingan yang tersaji di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) berlangsung sangat panas sejak menit awal. Lalu laga harus dilanjutkan lewat drama adu panalti yang sukses dimenangkan oleh Gli Azzurri.

Bermain di kandang lawan, pelatih Gli Azzurri yakni Roberto Mancini mengandalkan formasi 4-3-3. Ia memasang Federico Chiesa, Ciro Immobile, dan Lorenzo Insigne sebagai motor serangan.

Kemudian Inggris kali ini tidak diperkuat oleh bintang Manchester City yakni Phil Foden karena cedera. Hal itu membuat Gareth Southgate memasang trio lini depan yaitu Mason Mount, Harry Kane dan Raheem Sterling.

Sejak peuit kick off babak pertama dibunyikan, Inggris langsung melancarkan beberapa tekanan. Akhirnya mereka sukses mencetak gol cepat pada menit kedua.

Berawal dari Kieran Trippier yang mengirim umpan dari sisi sayap kanan, kemudian bola langsung disambar oleh Luke Shaw hingga berbuah menjadi gol.

Tertinggal 0-1 membuat Italia memanas dan terus menekan pertahanan Inggris yang dijaga oleh Kyle Walker, John Stones dan Harry Maguire. Namun hingga wassit meniupkan peluit akhir babak pertama, skor keunggulan Inggris tidak berubah.

Sesusai jeda, Italia langsung bermain menekan. Roberto Mancini secara mengejutkan melakukan rotasi dengan menarik keluar Ciro Immobile dan digantikan oleh Domenico Berardi.

Kemudian ia juga mengganti Nicolo Barella dengan Bryan Cristante pada menit ke-55. Dua pergantian itu langsung memberikan angin segar kepada Gli Azzurri.

Dengan terus menerus menggempur pertahanan Inggris, akhirnya Gli Azzurri mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-67.

Berawal dari bola liar hasil tendangan sudut, Leonardo Bonucci dengan sigap menyambar bola dan membuat skor berubah menjadi 1-1.

Skor sama kuat membuat pertandingan semakin memanas. Kedua tim terlihat saling melakukan jual beli serangan memasuki menit ke-80.

Namun hingga wasit meniupkan peluit akhir babak kedua skor 1-1 tetap bertahan. Laga akhirnya harus dilanjutkan lewat babak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, skor tetap tidak berubah yang membuat pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Berikut hasil adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Italia:

Italia:

1. Domenico Berardi (Gol)

2. Andrea Belotti (Tidak Gol)

3. Leonardo Bonucci (Gol)

4. Federico Bernadeschi (Gol)

5. Jorginho (Tidak Gol)

Inggris:

1. Harry Kane (Gol)

2. Harry Maguire (Gol)

3. Marcus Rashford (Tidak Gol)

4. Jadon Sancho (Tidak Gol)

5. Bukayo Saka (Tidak Gol)

Susunan Pemain:

Timnas Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giogio Chiellini, Emerson; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Timnas Inggris (3-4-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Kalvin Phillips, Declan Rice, Luke Shaw; Mason Mount, Harry Kane, Raheem Sterling.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 21:23
Tak Diberi Uang Saat Mau Gadai Barang, Penjual Ikan di Pinrang Tikam Korbannya Pakai Badik
PINRANG– Seorang pria berinisial NA 34 tahun di Kabupaten Pinrang diringkus polisi usai melakukan penganiayaan dengan menikam korbannya mengguna...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...