Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Sulsel Tinjau Pasar di Gowa, Bulog Pastikan Stok Beras Aman

Redaksi
Redaksi

Rabu, 13 Maret 2024 07:10

(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

GOWA – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, meninjau stok pangan di Pasar Minasa Maupa, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Selasa (12/3/2024).

“Jadi, kami sengaja datang hari ini walaupun hari libur. Kita sengaja datang karena ini hari pertama puasa. Kita mau cek dan pastikan stok pangan dan bahan pokok di masyarakat mencukupi, yang penting barangnya ada dan mencukupi,” kata Bahtiar didampingi Kepala Perum Bulog Wilayah Sulselbar, Ahmad Kholisun.

Ahmad dalam kesempatan ini mengungkapkan, stok beras di Sulsel selama Ramadan hingga Juli mendatang dipastikan aman. “Stok ini sangat cukup sampai bulan Juli,” katanya.

Dia menjelaskan dalam rangka bulan Ramadan stok Bulog totalnya 59.000 ton. Kemudian, kebutuhan untuk penyaluran bahan pangan 8.500 ton ditambah untuk kebutuhan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) 7.000 ton.

“Sehingga stok ini sangat cukup untuk wilayah Sulsel, termasuk Sulbar sampai dengan bulan Juli,” sebutnya.

“Stok kami ada, berapa pun stok kebutuhan masyarakat Sulsel itu siap,” imbuhnya.

Untuk harga SPHP masih tetap dengan penjualan Rp53.000 per 5 kg. Untuk beras komersial terdapat relaksasi dengan HET-nya naik Rp1.000 per kg. Dia berharap kenaikan di lapangan tidak terjadi secara signifikan.

“Pertama Bulog menyalurkan pangan untuk Sulselbar 8.500 ton per bulan. Kedua kita melakukan SPHP, stabilisasi harga pangan rutin setiap hari di titik pasar, kemudian Rumah Pangan Kita, dan titik-titik jika nanti ada wilayah yang membutuhkan SPHP di wilayah tersebut,” tuturnya.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan23 April 2024 21:38
Pemkab Gowa Beri Perlindungan Sosial ke Pekerja Rentan
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada sejumlah pekerja rentan. Hal tersebut berdasarka...
Ekonomi & Bisnis23 April 2024 13:59
eFishery Resmikan Proyek Budidaya Tradisional Plus dan Penanaman Mangrove di Instalasi Tambak Percobaan Maros
MAROS – Pada akhir tahun 2023, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan produksi udang nasional men...
Internasional23 April 2024 13:49
BREAKING NEWS: 2 Helikopter Militer Malaysia Tabrakan, 10 Tewas
MALAYSIA –  Sebuah insiden terjasi. Dua helikopter militer Malaysia bertabrakan dan jatuh saat sesi latihan pada Selasa (23/4/2024), menewaskan...
Pendidikan23 April 2024 13:43
Athirah Kembali Menjadi Tuan Rumah Temu Pendidik Nusantara 2024
MAKASSAR – Kembali mengukuhkan posisinya sebagai pusat perhatian dalam dunia pendidikan, Sekolah Islam Athirah yang berlokasi di Jalan Kajaolali...