Logo Lintasterkini

Ilegal Fishing Marak di Barru, Kinerja Kapolres Dipertanyakan

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 13 April 2016 19:38

Ilegal Fishing Marak di Barru, Kinerja Kapolres Dipertanyakan

BARRU – Beberapa pekan terakhir, sejumlah nelayan tradisional di Kabupaten Barru mengeluhkan maraknya aksi ilegal fishing oleh beberapa oknum tidak bertanggungjawab di wilayah perairan Barru hingga Pangkep.

Para pelaku Ilegal Fishing itu secara terang-terangan melakukan pengeboman ikan dan terkesan tidak merasa takut sedikitpun akan ulah nakal yang diperbuatnya.

Para nelayan tradisional mengaku, tidak berdaya dengan ulah para pelaku dan tak berani memberikan teguran kepada mereka.

Dikonfirmasi akan hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulselbar, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengaku berang dengan maraknya aksi Ilegal Fishing yang menggunakan bom ikan tersebut.

Frans mempertanyakan apa kinerja Kapolres Barru dan jajarannya sehingga aksi seperti itu terkesan dibiarkan saja, dimana berdasarkan laporan nelayan setempat, ilegal fishing ini dilakukan di sekitar Pulau Pulau Takabulango , perbatasan Kabupaten Barru -Pangkep.

“Kapolres itu kerjanya bukan cuma di darat tapi masalah kejahatan dan keamanan di laut harus menjadi tanggung jawabnya juga sebagai pemegang tongkat komando di wilayah hukumnya,” tegas Frans kepada awak media, Rabu (13/4/2016).

Aksi Ilegal Fishing dengan menggunakan bom ikan kata Frans, merupakan tindakan yang tidak menghormati alam karena merusak ekosistem laut, utamanya terumbu karang yang menjadi tempat perlindungan ikan.

“Itu artinya kita tidak bertanggungjawab dengan alam, populasi ikan juga menjadi menurun seiring rusaknya terumbu karang akibat ukah nakal para pelaku ilegal fushing,” ungkapnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News02 Mei 2024 20:24
Tim Surveyor Akreditasi Lafkespri Berkunjung di Klinik Firanum Medika
MAKASSAR – Tim Surveyor Akreditasi Lafkespri berkunjung di Klinik Firanum Medika di Jl Emmy Saelan, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Ku...
Pendidikan02 Mei 2024 16:13
PLN Icon Plus Semarakkan Hardiknas 2024 di SMK-SMTI Makassar
MAKASSAR – PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi & IBT memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan menyelenggarakan berbagai kegi...
Pendidikan02 Mei 2024 15:52
20.200 Mahasiswa Baru Unhas Ikuti Seleksi UTBK
MAKASSAR – Dalam rangka seleksi nasional, Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan semangat ...
News02 Mei 2024 13:05
Wali Kota Makassar Apresiasi Implementasi 18 Revolusi Pendidikan
MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, mengapresiasi konten 18 Revolusi Pendidikan di Makassar yang merupakan ...