Logo Lintasterkini

Kabupaten Gowa Dilanda Banjir Terparah dalam Dua Tahun Terakhir

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 14 Maret 2018 13:48

Sejumlah warga tampak menggunakan rakit untuk melintas di jalan
Sejumlah warga tampak menggunakan rakit untuk melintas di jalan

GOWA – Peristiwa banjir melanda Kampung Parang Malengu, Desa Panakukang, Kecamatan Pallangga, Gowa. Banjir kali ini merupakan banjir terparah sepanjang tahun 2017- 2018. Banjir setinggi dada orang dewasa ini terjadi pukul 05.00 Wita, Rabu (14/3/2018).

Rahman, salah seorang warga setempat menuturkan bahwa banjir yang terjadi saat ini adalah yang terparah sepanjang tahun 2017-2018 ini.

“Jadi ketinggian air itu sampai lutut, pinggang, dada hingga setinggi 2 meter, tapi yang setinggi 2 meter itu hanya terjadi area rawa dan sawah. Sementara di area permukiman paling tinggi 1 meter,” tuturnya.

Menurutnya, sejumlah jalanan juga ditutupi oleh banjir dan masuk ke sekolah MI Muhamaddiyah sehingga siswanya juga terpaksa diliburkan karena air masuk dalam kelas.

“Bahkan warga yang ingin melintas ke Panciro harus menggunakan rakit yang terbuat dari batang pisang,” katanya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichasan, setelah mendapatkan informasi terkait peristiwa banjir tersebut langsung memonitor Camat Pallangga, Indra Wahyudi Yusuf, Kadis PU Gowa, Mundoap untuk melakukan pemantauan langsung di lokasi banjir.

” Saya sudah monitor sejak tadi pagi dan saya telah perintahkan camat dan kadis PU untuk cek langsung ke lapangan. Saya perintahkan untuk cari apa penyebab utamanya banjir tersebut. Saya juga telah perintahkan Kepala BPBD dan Kadis Sosial untuk turun bantu evakuasi warga,” kata Bupati Gowa, lewat via WhatsApp. (*)

Penulis : Hendra

 Komentar

 Terbaru

Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...
News19 Mei 2024 09:15
Gerak Cepat, Pj Gubernur Zudan Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menggelar rapat terbatas be...
News19 Mei 2024 08:10
Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh yang Jabat Pj Gubernur Sulsel
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh adalah seorang birokrat Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (S...