Logo Lintasterkini

Ini Alasan AKBP Zulanda Minta Pengendara Hancurkan Knalpot Bogarnya

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Selasa, 14 Juni 2022 14:15

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda
Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda

MAKASSAR – Salah satu sasaran Operasi Patuh 2022 adalah knalpot brong atau bogar. Sejak dimulainya Operasi Patuh 2022, pada Senin (13/6/2022) kemarin, pihak Satlantas Polrestabes Makassar langsung menindak pengendara yang menggunakan knalpot bogar.

Tidak hanya meminta knalpot dicopot, pada razia yang dilakukan di Jalan AP Pettarani, Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda meminta seorang pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot bogar untuk membantu knalpot miliknya. Hal ini oun menjadi pro kontra di media sosial.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda kepada Lintasterkini.com menguraikan alasan mengapa meminta pemilik kendaraan itu menghancurkan sendiri knalpot brongnya.

“Jadi alasan saya meminta mereka menghancurkan sendiri adalah, karena saya ingin pengendara menyerahkan knalpotnya dalam keadaan rusak. Sehingga tidak menjadi isu kalau kami punya peluang menjual kembali knalpot tersebut,” ujarnya.

Seorang pengendara membanting sendiri knalpot bogar miliknya di depan polisi yang merazia

Selain itu, kata Zulanda, alasan lainnya agar anggota kepolisian aman dari godaan untuk menjual barang bukti (BB) knalpot yang sudah rusak. “Saya suruh pengendara hempaskan supaya seluruh badannya ingat. Karena kalau menghempaskan itu dari ujung rambut sampai ujung kaki itu bergetar,” tambahnya.

Zulanda menjelaskan, penggunaan knalpot yang tidak standar ini melanggar aturan. Adapun aturan yang dilanggar yakni Pasal 285 ayat 1, UU Lalulintas Angkutan Jalan Tahun 2009. Adapun bunyinya yakni, setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu. (*)

 Komentar

 Terbaru

News04 Februari 2023 13:08
HUT Ke-8, Bank Mandiri Taspen Serahkan CSR Rp100 Juta Tangani Stunting di Makassar
MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, menghadiri rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-8 Bank Mandiri Taspen (Mantap) bertajuk Fes...
Gaya Hidup04 Februari 2023 11:27
Penelitian Terbaru, Orang Tinggi dan Kurus Cenderung Lebih Sukses
LintasTerkini.com – Penelitian terbaru menemukan bahwa tinggi badan dapat memengaruhi kesuksesan seseorang. Menurut sebuah studi yang dipublikas...
News04 Februari 2023 08:10
Peserta Lolos Seleksi Administrasi Lelang Jabatan Sekprov Sulsel, Ini Daftar Lengkapnya
MAKASSAR – Sepuluh orang memenuhi syarat lolos seleksi administrasi lelang jabatan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan (Sulsel). Pengumum...
News03 Februari 2023 22:10
Kapolres Soppeng Hadiri Pemasangan Patok Batas Bidang Tanah Nasional oleh BPN Soppeng
SOPPENG – Kapolres Soppeng AKBP Dr. ( C ) H. Muh. Yusuf Usman S.H.,S.I.K.,M.T menghadiri Pemasangan Patok Batas Bidang Tanah oleh Kantor Pertan...