Logo Lintasterkini

Ini Alasan AKBP Zulanda Minta Pengendara Hancurkan Knalpot Bogarnya

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Selasa, 14 Juni 2022 14:15

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda
Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda

MAKASSAR – Salah satu sasaran Operasi Patuh 2022 adalah knalpot brong atau bogar. Sejak dimulainya Operasi Patuh 2022, pada Senin (13/6/2022) kemarin, pihak Satlantas Polrestabes Makassar langsung menindak pengendara yang menggunakan knalpot bogar.

Tidak hanya meminta knalpot dicopot, pada razia yang dilakukan di Jalan AP Pettarani, Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda meminta seorang pemilik kendaraan yang menggunakan knalpot bogar untuk membantu knalpot miliknya. Hal ini oun menjadi pro kontra di media sosial.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda kepada Lintasterkini.com menguraikan alasan mengapa meminta pemilik kendaraan itu menghancurkan sendiri knalpot brongnya.

“Jadi alasan saya meminta mereka menghancurkan sendiri adalah, karena saya ingin pengendara menyerahkan knalpotnya dalam keadaan rusak. Sehingga tidak menjadi isu kalau kami punya peluang menjual kembali knalpot tersebut,” ujarnya.

Seorang pengendara membanting sendiri knalpot bogar miliknya di depan polisi yang merazia

Selain itu, kata Zulanda, alasan lainnya agar anggota kepolisian aman dari godaan untuk menjual barang bukti (BB) knalpot yang sudah rusak. “Saya suruh pengendara hempaskan supaya seluruh badannya ingat. Karena kalau menghempaskan itu dari ujung rambut sampai ujung kaki itu bergetar,” tambahnya.

Zulanda menjelaskan, penggunaan knalpot yang tidak standar ini melanggar aturan. Adapun aturan yang dilanggar yakni Pasal 285 ayat 1, UU Lalulintas Angkutan Jalan Tahun 2009. Adapun bunyinya yakni, setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu. (*)

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 20:04
Yasir Machmud: Anggaran KONI Sulsel Sesuai Peruntukannya
MAKASSAR – Sebanyak Rp 5 Milyar anggaran KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan oleh anggota DPRD Sulsel, ditanggapi oleh Yasir Machmud...
Hukum & Kriminal25 September 2022 17:12
Bekuk Pengedar Narkoba Asal Sidrap, Polisi Nyamar Jadi Pembeli
SIDRAP – Aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pengedar narkoba asal Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial AM alias Bidin (52). P...
Wisata dan Budaya25 September 2022 16:39
Sunset Keren di Pantai Indah Bosowa yang Eksotik
MAKASSAR – Pantai Indah Bosowa selalu memberikan keindahan yang eksotik. Apalagi pada sore hari kalian bisa sunset keren di tempat ini. Suasana ...
News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...