Logo Lintasterkini

Akademisi Didorong Maju Pilkada 2018

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 14 November 2016 02:15

Prof. Nurdin Abdullah, salah satu figur akademisi yang didorong ikut Pilgub 2018.
Prof. Nurdin Abdullah, salah satu figur akademisi yang didorong ikut Pilgub 2018.

MAKASSAR – Dorongan kepada figur akademisi untuk ikut bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar tahun 2018 mendatang semakin mengalir deras. Dukungan kali ini datang dari akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr. Irwan Misbach.

Kata dia, Pilkada adalah jalan bagi akademisi untuk mengabdi dan aktualiasi diri kepada masyarakat. Menurutnya, hirarki kebutuhan dasar manusia yang paling tinggi adalah aktualisasi diri. Ini melekat pada setiap orang, termasuk akademisi.

Menurutnya aktualisasi diri inilah, yang tidak bisa dibandingkan dengan materi. Sehingga kata dia, wajar saja jika ada akademisi mencoba mengaktualisasikan dirinya dengan ikut bertarung.

“Akademisi yang ikut bertarung bisa jadi sudah terpenuhi kebutuhan lainnya, sehingga meningkat ke hirarki berikutnya,” ungkapnya.

Alumni S3 Managemen Universitas Brawijaya ini juga mengatakan akademisi maju di Pilkada adalah salah satu bentuk pengabdian yang selama ini menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Pengabdian dibidang pendidikan mungkin telah cukup, atau bahkan selesa. Sehingga mengabdian masyarakat berikutnya ada dibidang lain, salah satunya menjadi kepala daerah,” demikian Irwan, Dosen Manajemen Dakwah ini.

Pilkada, tambah dia, baik Pemilihan Gubernur maupun Pemilihan Bupati atau Walikota yang digelar serentak 2018 mendatang di Sulsel, masih terbilang lama. Namun, beberapa figur mulai melakukan manuver politik.

Jika selama ini figur politisi, pengusaha, dan birokrat selalu mendominasi, belakangan ini figur tokoh pendidikan atau akademisi juga mulai diperhitungkan ikut berpartisipasi pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Diantaranya, Prof. Nurdin Abdullah, Bupati Bantaeng yang juga Guru Besar Universitas Hasanuddin, mulai melakukan perkenalan untuk ikut bertarung pada Pilgub Sulsel.

Sementara untuk Kota Makassar, nama HA Mustaman, Ketua Yayasan Bakti Bumi Persada yang membina STIE Wira Bhakti Makassar serta Endre Cecep Lantara, Ketua Yayasan Pendidikan Makassar juga disebut akan bertarung memperebutkan kursi yang saat ini diduduki Danny Pomanto. (*)

 Komentar

 Terbaru

News06 Februari 2023 09:33
Patut Dicontoh, Kapolres Soppeng Bersama Komunitas Gotong Royong Bersihkan Masjid
SOPPENG – Kapolres Soppeng, AKBP Muhammad Yusuf Usman, bersama Komunitas Bersih-bersih Masjid Soppeng melaksanakan gotong royong di Masjid Nurul...
News06 Februari 2023 08:13
Pasar Terong Makassar Terbakar, 24 Kios Ludes
MAKASSAR – Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, terbakar pada Minggu (5/2/2023) malam sekitar pukul 21.00 Wita. Sedikitnya 24 kios lud...
Wisata dan Budaya05 Februari 2023 13:31
Mau Healing, Coba ke Taman Batu Karst Balocci
PANGKEP – Pusing mau kemana untuk healing atau sekadar jalan-jalan? Mungkin tempat ini bisa jadi salah satu pilihan untuk kalian. Apalagi, jika ...
News05 Februari 2023 13:14
Jaga Situasi Kamtibmas, Kapolres Soppeng Pimpin Pelaksanaan Ops KRYD Cipta Kondisi
SOPPENG – Guna pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat khususnya diwilayah Kabupaten Soppeng, Polres Soppeng kembali melaksanakan Ops K...