Logo Lintasterkini

Demonstran Penolak Tambang Tewas Ditembak, Luka Tembus ke Dada

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Selasa, 15 Februari 2022 09:12

Demonstran Penolak Tambang Tewas Ditembak, Luka Tembus ke Dada

PARIGI – Nasib tragis menimpa seorang demonstran penolak tambang emas di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng). Namanya Erfaldi, ia tewas terkena tembakan peluru tajam dari bagian belakang sebelah kiri hingga tembus di bagian dada.

Mengutip cnnindonesia, Kepala Kantor Perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi manusia (Komnas HAM) Sulawesi Tengah, Dedi Askary mengatakan informasi tersebut didapatkan saat melakukan wawancara dengan pihak keluarga.

“Erfaldi meninggal karena terkena peluru tajam dari aparat yang mengenai bagian belakang sebelah kiri tembus di bagian dada,” kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/2/2022).

Dedi mengatakan informasi luka tembak dari keluarga didukung penjelasan visum Puskesmas Desa Katulistiwa. Sebagai informasi, Puskesmas tersebut tidak hanya melakukan visum melainkan juga mengangkat proyektil yang tersisa di tubuh Erfaldi.

Selain itu, kata Dedi, pihak keluarga juga menunjukkan proyektil yang menembus tubuh anak mereka.

“Kondisi luka sebagaimana yang dijelaskan oleh pihak Puskesmas di Desa Katulistiwa saat lakukan visum dan mengangkat proyektil yang tersisa dan hinggap di bagian tubuh korban,” jelas Dedi.

Selain menemui keluarga, Dedi juga meminta klarifikasi dari Kabag Ops Polres Parigi Moutong, AKP Junus Achpa. Menurut Dedi, Junus mengatakan bahwa saat kejadian korban tidak berada di pihak kepolisian. Sebab, polisi membentuk barisan berlapis.

Dedi juga mendapatkan informasi bahwa Kapolres Parigi Moutong mengklaim mengedepankan sikap humanis, persuasif, dan tidak menggunakan peluru tajam atau senjata.

“Kapolres (mengklaim) mengedepankan sikap humanis dan langkah persuasif, tidak melibatkan penggunaan peluru tajam atau senjata,” ujarnya.

Diketahui, pendemo itu tewas saat aksi unjuk rasa menolak aktivitas tambang yang ada dari PT Trio Kencana yang berlokasi di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis18 April 2024 17:56
Yuk Ikuti Fun Run PHRI Sulsel Berhadiah Umroh, Biaya Pendaftaran Rp175 Ribu
MAKASSAR – Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel menggelar Fun Run sepanjang 5,5 kilo meter 2024. Fun Run 2024 PHRI ini berlang...
News18 April 2024 17:28
Astra Motor Sulsel Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan Agar #Cari_Aman Selama Berkendara
MAKASSAR – Marka jalan yang merupakan rambu-rambu lalu lintas berupa garis melintang, membujur, dan menyerong, memiliki peran penting di jalur l...
Ekonomi & Bisnis18 April 2024 11:29
Kalla Toyota Luncurkan Emergency Support di Aplikasi Kallafriends, Dapat Diakses Dimana Saja
MAKASSAR – Untuk memberi kemudahan kepada pelanggan dalam kondisi darurat, Kalla Toyota luncurkan emergency support di aplikasi Kallafriends. Me...
Pendidikan18 April 2024 10:50
Ide Gagasan paling Rasional, Ivan Kalalembang Didukung Sejumlah Angkatan 
MAKASSAR – Calon Ketua IKA SMA Negeri 8 Makassar (Smandel) Ivan Kalalembang telah mendapatkan dukungan sejumlah angkatan. Dengan demikian dipast...