Logo Lintasterkini

Demonstran Penolak Tambang Tewas Ditembak, Luka Tembus ke Dada

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Selasa, 15 Februari 2022 09:12

Demonstran Penolak Tambang Tewas Ditembak, Luka Tembus ke Dada

PARIGI – Nasib tragis menimpa seorang demonstran penolak tambang emas di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng). Namanya Erfaldi, ia tewas terkena tembakan peluru tajam dari bagian belakang sebelah kiri hingga tembus di bagian dada.

Mengutip cnnindonesia, Kepala Kantor Perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi manusia (Komnas HAM) Sulawesi Tengah, Dedi Askary mengatakan informasi tersebut didapatkan saat melakukan wawancara dengan pihak keluarga.

“Erfaldi meninggal karena terkena peluru tajam dari aparat yang mengenai bagian belakang sebelah kiri tembus di bagian dada,” kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/2/2022).

Dedi mengatakan informasi luka tembak dari keluarga didukung penjelasan visum Puskesmas Desa Katulistiwa. Sebagai informasi, Puskesmas tersebut tidak hanya melakukan visum melainkan juga mengangkat proyektil yang tersisa di tubuh Erfaldi.

Selain itu, kata Dedi, pihak keluarga juga menunjukkan proyektil yang menembus tubuh anak mereka.

“Kondisi luka sebagaimana yang dijelaskan oleh pihak Puskesmas di Desa Katulistiwa saat lakukan visum dan mengangkat proyektil yang tersisa dan hinggap di bagian tubuh korban,” jelas Dedi.

Selain menemui keluarga, Dedi juga meminta klarifikasi dari Kabag Ops Polres Parigi Moutong, AKP Junus Achpa. Menurut Dedi, Junus mengatakan bahwa saat kejadian korban tidak berada di pihak kepolisian. Sebab, polisi membentuk barisan berlapis.

Dedi juga mendapatkan informasi bahwa Kapolres Parigi Moutong mengklaim mengedepankan sikap humanis, persuasif, dan tidak menggunakan peluru tajam atau senjata.

“Kapolres (mengklaim) mengedepankan sikap humanis dan langkah persuasif, tidak melibatkan penggunaan peluru tajam atau senjata,” ujarnya.

Diketahui, pendemo itu tewas saat aksi unjuk rasa menolak aktivitas tambang yang ada dari PT Trio Kencana yang berlokasi di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. (*)

 Komentar

 Terbaru

Wisata dan Budaya17 Mei 2022 11:53
Intip Keindahan Bukit Hijau di Taman Purbakala Sumpang Bita, Pangkep
MAKASSAR – Jalan-jalan ke Pangkajene Kepulauan (Pangkep) jangan lupa untuk singgah menikmati wisata alam Taman Purbakala di Sumpang Bita, Kecama...
Hukum & Kriminal17 Mei 2022 03:01
Bubarkan Perang Kelompok, Seorang Polisi di Gowa Luka, Enam remaja Diamankan
MAKASSAR – Personel Polres Gowa membubarkan perang kelompok antar remaja di Samping Kantor Camat Somba Opu Jalan Andi Tonro Kelurahan Bonto-bont...
Hukum & Kriminal17 Mei 2022 00:27
Arfandi Tewas Usai Ditangkap, Enam Polisi Diperiksa Propam Polda Sulsel
MAKASSAR – Sebanyak enam personel Satuan Narkoba Polrestabes Makassar menjalani pemeriksaan Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulawes...
Hukum & Kriminal17 Mei 2022 00:07
Anaknya Tewas Usai Ditangkap Polrestabes Makassar, Ini Pengakuan Ayah Arfandi
MAKASSAR – Mukram, ayah almarhum Muh. Arfandi Ardiansyah (18) menduga anaknya disiksa hingga disetrum hingga meninggal setelah ditangkap polisi ...