Logo Lintasterkini

Momen Kasat Lantas Polrestabes Makassar Tegur Anak-anak Pakai Sepeda Listrik

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Jumat, 15 Juli 2022 07:07

MAKASSAR – Belum lama ini, Satlantas Polrestabes Makassar membuat larangan penggunaan sepeda listrik bertenaga baterai untuk anak-anak di jalanan besar. Pasalnya, penggunaannya sangat berbahya.

Pihak Satlantas Polrestabes Makassar mengaku, pelarangan ini dilakukan karena masyarakat bingung menganggap sepeda listrik sebagai sepeda motor listrik. Padahal dua jenis kendaraan ini memiliki aturan berbeda di Kementerian Perhubungan.

Baru-baru ini, Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda kembali menemukan anak-anak yang menggunakan sepeda listrik di jalanan Kota Makassar. Ia pun dengan sigap singgah memberikan teguran serta edukasi kepada anak-anak tersebut serta orang tuanya tentang penggunaan sepeda listrik.

Di depan anak-anak yang menggunakan sepeda listrik, AKBP Zulanda meminta agar tidak lagi menggunakan sepeda listrik di jalanan besar. Ia mengku, penggunaan sepeda listrik hanya bisa digunakan di sekitar pekarangan.

“Sepeda listrik ini hanya digunakan di dalam satu kompleks, tidak boleh digunakan di jalanan raya, tidak boleh digunakan ke tempat yang langsung ke akses masyarakat. Hanya bisa di pekarangan, lapangan, bahkan menuju lapangan juga gak boleh,” ujar AKBP Zulanda, Kamis (14/7/2022).

Lebih lanjut disampaikan, penggunaan sepeda listrik juga hanya bisa digunakan untuk mereka yang berusia di atas 15 tahun. “Kalau adek-adek ini bahaya. Jangan dibawa lagi, kalau sudah 15 tahun bisa,” ungkapnya.

Zulanda menyarankan agar anak-anak tersebut bisa menggunakan sepeda biasa yang lebih sehat jika digunakan. Untuk orang tua juga diminta tidak lagi memberikan anak-anak sepeda listrik untuk dipakai di jalanan besar.

“Ibu janji tidak kasih lagi yah. Orang tua boleh, asal jalanan dekat rumah. Kalau motor listrik khusus boleh di jalanan karena itu sudah diatur dan sesuai dengan spekteknya dan juga nanti didaftarkan serta akan ada TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor),” tambahnya.

Mendengar arahan Kasat Lantas Polrestabes Makassar, sang ibu ini pun menyetujuinya dan berjanji tidak lagi mengizinkan sang anak untuk menggunakan sepeda listrik di jalanan besar. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 September 2022 16:13
Fatma Wahyudin Minta Ojol Day Setiap Selasa Ditinjau Ulang
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin meminta penerapan Ojol Day setiap Selasa untuk ditinjau ulang. Khususnya pemberlakuannya u...
News29 September 2022 15:21
Operasi Zebra 2022, Ini Tujuh Prioritas Pelanggaran
MAKASSAR – Polri kembali melaksanakan operasi Zebra 2022. Pelaksanaannya mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, serentak di seluruh Indone...
Hukum & Kriminal29 September 2022 14:04
Dikejar OTK Pakai Busur, Dua Remaja di Makassar Luka Serius
MAKASSAR – Nasib nahas menimpa dua remaja yakni RR (18) dan W (18). Keduanya mengalami luka akibat terjatuh dari motor setelah dikejar OTK (oran...
News29 September 2022 08:26
Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor
MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan ma...