Logo Lintasterkini

Ingin Punya Badan Ideal? Berikut 5 Gerakan Olahraga Yang Cocok Untuk Wanita

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 16 November 2021 13:51

Ilustrasi
Ilustrasi

MEMPUNYAI postur badan ideal merupakan keinginan semua wanita. Tentunya bukan tanpa alasan, postur badan yang ideal bisa membuat kaum wanita merasa lebih percaya diri dan sekaligus sebagai bentuk menjaga kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Meskipun pada dasarnya ukuran atau standar badan yang ideal bagi tiap wanita berbeda-beda, sehingga tidak bisa ditentukan berdasarkan kriteria tertentu. Kembali lagi, persepsi mengenai badan yang ideal sejatinya mempunyai sudut pandang yang sangat luas dan bisa dilihat dari berbagai aspek. Namun ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui berat badan ideal wanita yaitu menggunakan rumus Broca sebagai berikut.

Berat badan ideal: [tinggi badan – 100] – [(tinggi badan – 100) x 15%]. Jika tinggi badan Anda 160 cm, cara menghitungnya yaitu: [160 – 100] – [(160 – 100) x 15%] = 51. Jadi berat badan ideal Anda adalah 51 kg.

Kembali lagi, perhitungan berat badan ideal tersebut bukan standar baku yang menentukan kesehatan seseorang. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin menjadikan perhitungan tersebut sebagai acuan Anda.

Untuk memperoleh bentuk tubuh ideal, biasanya ada berbagai cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah dengan berolahraga. Berolahraga secara teratur membawa banyak dampak positif bagi tubuh Anda. Selain bisa membentuk postur badan yang ideal, berolahraga secara teratur juga bisa membantu meningkatkan kebugaran tubuh dan membuat tubuh menjadi semakin sehat.

Ada berbagai gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan, pastikan Anda menggunakan perlengkapan olahraga yangs sesuai seperti sepatu olahraga wanita. Penggunaan sepatu olahraga bisa memberikan rasa nyaman dan keamanan selama melakukan berbagai gerakan olahraga. Anda bisa membeli sepatu olahraga wanita melalui aplikasi Blibli. Sebelum itu, yuk simak 5 gerakan olahraga yang cocok untuk wanita berikut ini.

Peregangan (Stretching)

Sesuai dengan namanya, gerakan stretching atau pemanasan ini memang dimaksudkan agar otot-otot tubuh menjadi lebih rileks dan siap untuk melakukan gerakan olahraga yang lebih berat. Gerakan peregangan merupakan bagian penting yang wajib Anda lakukan secara benar dan teratur sebelum berolahraga. Gerakan peregangan mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh Anda, seperti mengurangi resiko cedera, mengurangi rasa nyeri pasca berolahraga, menghilangkan stres, membuat otot menjadi lebih rileks, serta bisa memperbaiki postur tubuh. Gerakan peregangan ini juga bisa dilakukan dengan mudah baik sambil duduk maupun berdiri.

Plank

Gerakan olahraga selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu plank. Gerakan ini termasuk gerakan olahraga yang praktis karena bisa Anda lakukan dari rumah atau kamar tidur Anda. Gerakan plank ini dilakukan dengan cara menahan perut dan bokong menggunakan tangan selama beberapa detik, tergantung pada kemampuan Anda. Gerakan ini juga turut melatih kekuatan tangan dan kaki Anda. Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari gerakan plank ini, yaitu memperbaiki postur badan, melatih kelenturan otot, mengencangkan perut, melatih keseimbangan, dan melatih kinerja otot.

Bridge

Gerakan olahraga berikutnya yang bisa Anda coba yaitu bridge. Gerakan bridge dilakukan dalam posisi berbaring dengan cara mengangkat pinggul dan ditopang dengan lutut hingga membentuk garis lurus dari bahu sampai ke lutut Anda. Anda bisa mengulangi gerakan ini selama beberapa kali. Gerakan bridge ini mempunya beberapa manfaat dalam membentuk postur badan ideal, yaitu mengencangkan bokong, mengencangkan otot paha dan perut, serta menghilangkan nyeri sendi di bagian pinggul.

Step up

Gerakan olahraga selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu gerakan step up. Gerakan step up ini cukup mudah untuk dilakukan di rumah. Anda hanya perlu memanfaatkan anak tangga, kursi, atau benda lain yang bisa menjadi pijakan. Cara melakukan gerakan step up adalah dengan melangkahkan salah satu kaki Anda ke atas kursi atau anak tangga, kemudian dorong tubuh Anda ke atas hingga kedua kaki Anda menapak di atas kursi atau anak tangga.

Pastikan posisi tubuh dan kaki Anda lurus dan tegap dengan pandangan lurus ke depan. Kemudian, turunkan salah satu kaki Anda kembali ke posisi semula yang diikuti dengan kaki lainnya sehingga Anda kembali di bawah. Lakukan gerakan tersebut selama beberapa kali. Gerakan step up ini bisa melatih kekuatan otot kaki dan pinggul, sehingga bisa membuat bentuk kaki dan paha Anda menjadi semakin indah.

Yoga

Gerakan olahraga terakhir yang bisa Anda lakukan adalah gerakan yoga. Yoga sudah dikenal sejak lama sebagai jenis olahraga yang mempunya banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Olahraga yang satu ini bukanlah olahraga yang asing, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan yoga dengan mengikuti berbagai video tutorial yang di internet.

Ada beberapa gerakan yoga yang bisa Anda lakukan, yaitu mountain pose, triangle pose, tree pose, warrior, downward facing dog, dan masih banyak lagi. Gerakan-gerakan yoga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya yaitu memperbaiki postur tubuh, menguatkan dan melenturkan otot tubuh, mencegah masalah sendi dan otot, menghilangkan stres, meningkatkan kualitas tidur, sarana relaksasi, hingga membantu menurunkan berat badan.

Itulah beberapa gerakan olahraga yang cocok untuk wanita dan bisa membantu membentuk postur badan yang ideal. Anda perlu menyiapkan berbagai perlengkapan olahraga seperti baju dan celana training, matras, sepatu olahraga wanita, dan perlengkapan lain. Anda bisa menemukan dan membeli perlengkapan tersebut dengan mudah dan aman melalui aplikasi Blibli. (*)

 Komentar

 Terbaru

News03 Desember 2022 15:23
Supratman Banyak Menerima Kelurahan Soal Infrastruktur
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Supratman kembali menyapa warga saat Reses Pertama Masa Persidangan Pertama Masa Sidang 2022-2023, Jl Pan...
News03 Desember 2022 13:14
Matching Fund 2022 Sukses Dilaksanakan di Desa Bontominasa
BULUKUMBA – Desa Bontominasa, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba terpilih menjadi mitra pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim dari 2 Un...
Hukum & Kriminal02 Desember 2022 20:24
Polsek Cempa Pinrang Ringkus Pelaku Pencurian Di Acara Hajatan Pengantin, Ternyata Melibatkan ‘Orang Dalam’
PINRANG — Janji Kapolsek Cempa Polres Pinrang, Iptu Yudi Harsono untuk segera mengungkap kasus pencurian di acara hajatan pengantin yang terjadi...
Politik02 Desember 2022 18:24
Ganjar Presiden, Erick Thohir Wapres Menggema di Acara PAN
SEMARANG—Teriakan “Ganjar presiden, Erick Thohir Wapres (wakil presiden) menggema di acara launching bakal calon anggota legislatif DPR RI Par...