Logo Lintasterkini

Vaksinasi COVID-19 Tahap Dua Dimulai, Menyasar Pelayan Publik dan Lansia

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 19 Februari 2021 17:34

Istimewa.
Istimewa.

JAKARTA – Program vaksinasi COVID-19 tahap kedua saat ini tengah dimulai. Vaksinasi tahap kedua menyasar pelayan publik dan lanjut usia (lansia) atau penerima vaksin berusia di atas 60 tahun.

Adapun jumlah penerima vaksinasi pada tahap kedua ini mencapai 38,5 juta orang. Sasaran tahap kedua ini yang terdiri dari 16,9 juta pekerja pelayanan publik dan 21,5 juta lansia.

“Kita hampir selesai untuk vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan dan akan mulai untuk tahap kedua bagi pelayan publik dan lansia,” terang dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS selaku

Dia mengatakan, pelayan publik banyak berinteraksi dengan masyarakat sehingga mendapatkan prioritas untuk diberikan perlindungan. Lalu kenapa dengan lansia? Karena menurut WHO golongan ini saat terkena COVID-19, angka kematiannya tinggi.

dr. Maxi Rein Rondonuwu, menambahkan, pemerintah menargetkan vaksinasi tahap kedua akan selesai pada akhir Mei 2021. Sehingga pada Juni 2021 akan lanjut ke tahap berikutnya.

Metode Kementerian Kesehatan dalam mempercepat upaya ini adalah dengan melakukan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan dan mengadakan vaksinasi massal.

“Memang ada vaksinasi massal yang kita laksanakan di tempat-tempat tertentu, dengan catatan harus punya tempat penanganan KIPI yang komprehensif. Ada juga dengan metode bergerak yang sudah kita uji cobakan di pedagang pasar,” terang dr. Maxi.

Sementara itu, dalam prosesnya vaksinasi ditata agar tetap mematuhi protokol Kesehatan. Kata dr. Maxi, pihaknya akan mengatur agar tidak terjadi penumpukan, salah satu caranya dengan melakukan proses skrining di awal, yang ternyata hal ini bisa tertib.

“Pak Presiden melihat pelaksanaan ini sangat baik karena teratur, jadi sebelum datang ke tempat vaksinasi mereka diberikan kupon hingga tahu kapan waktunya divaksin,” terang dr. Maxi.

Dia berpesan, kalau masyarakat sasaran vaksinasi tahap kedua seperti pedagang dan para pelayan publik lainnya jika mendengar program vaksinasi ini silakan datang ke tempat pelaksanaan vaksinasi tersebut. Asalkan termasuk dalam kelompok penerima vaksin tahap kedua. (*)

 Komentar

 Terbaru

BPKA Makassar Harap Pejabat Kuasai Kendaraan Dinas Kooperatif
News26 Februari 2021 18:20
BPKA Makassar Harap Pejabat Kuasai Kendaraan Dinas Kooperatif
Dalam dua hari penertiban ini dilaksanakan, telah ditertibkan sebanyak 11 unit roda 4 (mobil)....
Danny Pomanto: Percepatan Kata Kunci Pembangunan
News26 Februari 2021 16:51
Danny Pomanto: Percepatan Kata Kunci Pembangunan
Dia lalu menegaskan akan segera memperbaiki tata kelola birokrasi untuk menciptakan pemerintahan yang bersih....
Danny-Fatma: Saatnya Bersatu Bangun Makassar
News26 Februari 2021 16:17
Danny-Fatma: Saatnya Bersatu Bangun Makassar
Kemenangan Danny-Fatma adalah kemenangan untuk semua masyarakat di Kota Makassar. Dan tahapan Pilkada 2020 telah berakhir....
Bubarkan Balap Liar, Tim Penikam Polrestabes Makassar Dilempari Batu
News26 Februari 2021 14:27
Bubarkan Balap Liar, Tim Penikam Polrestabes Makassar Dilempari Batu
Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Lintasterkini.com, Tim Penikam Polrestabes Makassar membubarkan aksi balapan liar tersebut di Jalan Andi ...