Logo Lintasterkini

Danone Indonesia dan AMSI, Gelar Program Cyber Media Forum

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 21 September 2022 14:52

Danone Indonesia dan AMSI, Gelar Program Cyber Media Forum
Danone Indonesia dan AMSI, Gelar Program Cyber Media Forum

JAKARTA – Pembangunan kesehatan nasional merupakan salah satu hal yang menjadi fokus pemerintah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pemahaman seputar pentingnya kesehatan, pemenuhan nutrisi dan hidrasi serta gaya hidup sehat.

Menjawab hal tersebut, Danone Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar program “Cyber Media Forum” sebagai program edukasi untuk peningkatan kompetensi bagi media online dan membangun ruang berbagi media dalam menghasilkan hasil karya jurnalistik dalam isu kesehatan di berbagai portal berita.

Program edukasi publik yang bertema “Potret dan Tantangan Kesehatan Masyarakat Menjelang Endemi COVID-19” berlangsung secara virtual pada 21 September 2022.

Acara ini dihadiri oleh 40 media nasional dan lokal dengan pembicara dari berbagai multidisiplin yakni Drg. Widyawati, MKM, Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes, Dr.Nurul Ratna, M.Gizi, SpGK, Ketua Dep.Ilmu Gizi FKUI, Dr. CSP Wekadigunawan, MPH, PdH,Pengurus Pusat IAKMI, Uyung Pramudiarja, Redaktur Pelaksana Detik Health. Acara ini juga dibuka oleh Sekretaris Jendral AMSI, Wahyu Dyatmika dan Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin.

Saat ini jumlah pengguna internet nasional melonjak sebesar 54,25% dengan penetrasi internet mencapai 73,7% dari total penduduk Indonesia] (We Are Social 2022). Lalu data dari Reuters Institute menunjukkan mayoritas masyarakat Indonesia memanfaatkan sejumlah media daring dalam mengkonsumsi berita.

Kondisi ini menjadi peluang yang sangat strategis bagi media massa online untuk mengambil peran mengedukasi masyarakat khususnya dalam isu yang utama bagi masyarakat seperti isu seputar kesehatan.

Wahyu Dyatmika – Sekjen Asosiasi Media Siber Indonesia mengatakan, bahwa di tengah situasi kesehatan nasional yang masih menjadi tantangan tersendiri bagi publik dan pemerintah, maka sebagai insan pers yang menjalankan perannya sebagai sumber penyedia informasi diharapkan dapat mengangkat berita tentang isu kesehatan yang terverifikasi dari sumber-sumber kredibel, sehingga dapat menjadi rujukan bagi publik agar mereka mampu menyikapi informasi dengan tepat sasaran.

Arif Mujahidin – Corporate Communication Director Danone Indonesia menjelaskan, “Pertumbuhan informasi di digital yang begitu cepat merupakan tantangan yang harus mampu diimbangi oleh media massa namun tetap memegang prinsip informasi yang akurat, faktual, dan akuntabel.

Upaya untuk meningkatkan kualitas jurnalisme terus dilakukan dengan cara memberikan pendidikan dan uji kompetensi rekan-rekan jurnalis.

“Selain dari tujuan kami terhadap peningkatan jurnalis, kami juga berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mengedukasi masyarakat akan isu kesehatan dan nutrisi melalui jurnalis sebagai key opinion leader dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat, terangnya.

“Sebagaimana misi kami yakni membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang, kami terus berkomitmen untuk membawa kesehatan ke banyak masyarakat tidak hanya melalui operasional bisnis kami namun juga upaya edukasi yang dilakukan untuk publik,” tambahnya.

Program Cyber Media Forum dirancang dengan format workshop online yang diikuti oleh media siber anggota AMSI dari Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur,, Bali, Sumatera Barat, Lampung, Medan, Manado, Makassar, Kalimantan, Papua. Materi seputar kesehatan, nutrisi dan hidrasi dihadirkan untuk meningkatkan pengetahuan maupun soft skills dari para peserta.

Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes, Drg. Widyawati, MKM yang menyampaikan materi seputar Perkembangan Penanganan Covid-19 dan Isu Kesehatan Masyarakat.

“Dalam penanganan permasalahan kesehatan, pemerintah akan terus melakukan kebijakan sesuai dengan perkembangan terbaru terhadap beberapa isu kesehatan prioritas seperti penanganan Covid-19 hingga stunting,” katanya.

Indikator kesehatan di Indonesia termasuk penanganan Covid-19 dapat membaik dengan kolaborasi multipihak dan dukungan dari masyarakat dan media.

Adapun beberapa kebiasaan baik yang tercipta selama pandemi beberapa tahun terakhir seperti penerapan protokol kesehatan disertai makan sehat dan gizi yang seimbang dibutuhkan sesuai dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan implementasi pedoman isi piringku, sangatlah penting tidak hanya dalam percepatan penanganan pandemi namun juga menjaga kesehatan masyarakat secara luas” tambahnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News29 September 2022 16:13
Fatma Wahyudin Minta Ojol Day Setiap Selasa Ditinjau Ulang
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin meminta penerapan Ojol Day setiap Selasa untuk ditinjau ulang. Khususnya pemberlakuannya u...
News29 September 2022 15:21
Operasi Zebra 2022, Ini Tujuh Prioritas Pelanggaran
MAKASSAR – Polri kembali melaksanakan operasi Zebra 2022. Pelaksanaannya mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, serentak di seluruh Indone...
Hukum & Kriminal29 September 2022 14:04
Dikejar OTK Pakai Busur, Dua Remaja di Makassar Luka Serius
MAKASSAR – Nasib nahas menimpa dua remaja yakni RR (18) dan W (18). Keduanya mengalami luka akibat terjatuh dari motor setelah dikejar OTK (oran...
News29 September 2022 08:26
Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor
MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan ma...