Logo Lintasterkini

Minta Rp350 Ribu untuk Urus Berkas Kependudukan, Calo di Makassar Diamankan Polisi

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Selasa, 24 Agustus 2021 16:19

Plt Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi menginterogasi pelaku percaloan, di Kantor Disdukcapil Makassar, Selasa (24/8/2021).
Plt Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi menginterogasi pelaku percaloan, di Kantor Disdukcapil Makassar, Selasa (24/8/2021).

MAKASSAR — Seorang perempuan di Makassar diamankan polisi. Dia ketahuan menjadi calo di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Selasa (24/8/2021).

Pelaku meminta bayaran Rp350 ribu untuk pengurusan berkas kependudukan. Korbannya diiming-imingi berkas yang diajukan bisa diproses dengan lancar dan cepat. Tinggal terima beres.

“Harganya dikasih Rp150 ribu KK (Kartu Keluarga), Rp200 ribu KTP (Kartu Tanda Penduduk),” ujar Faisal, korban calo, saat ditemui di Kantor Disdukcapil Kota Makassar.

Faisal menuturkan, ia datang sebelum jam pelayanan di Kantor Disdukcapil Kota Makassar dibuka. Sekitar pukul 06.00 Wita. Harapannya, bisa cepat mendapat pelayanan.

Hanya saja, saat tiba di lokasi pelaku langsung menghampirinya. Kemudian mengatakan berkasnya tidak akan dilayani. Pelaku lalu menawarkan untuk membantu mengurus berkas tersebut.

“Dia bilang tidak dilayaniki itu. Terus dia bilang lagi sinimi berkasta, ada temanku di dalam. Tapi bayarki,” ucap Faisal mengutip pernyataan pelaku.

Faisal lalu menyerahkan berkasnya kepada pelaku. Setelah berkas diterima, pelaku meminta Faisal untuk pulang. Akan dikabari setelah berkasnya selesai diproses.

“Waktu mau pulang saya minta nomor yang ambil berkasku (pegawai Disdukcapil), sama yang ambil uangku (calo). Sempat juga ku foto orangnya yang ambil uangku,” sambungnya.

Setelah tiba di rumah, Faisal mengadukan pelayanan Disdukcapil Kota Makassar kepada keluarganya. Barulah setelah itu, keluarganya datang ke Kantor Disdukcapil Kota Makassar untuk mencari pelaku.

Keluarga korban langsung melaporkan kejadian ini kepada pimpinan Diksdukcapil. Tidak lama setelah itu, pelaku berhasil diamankan. Polisi pun didatangkan.

Sementara itu, Plt Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abadi membenarkan adanya calo yang diamankan tersebut. Pelaku sudah diserahkan ke pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

“Sejak awal sudah kami sampaikan kami tidak mentolerir adanya praktik-praktik percaloan. Nah, kalau misalnya kasus yang kita temukan hari ini kami segera tindaklanjuti,” tukasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...
News17 September 2021 16:38
Jelang HUT Lantas Ke-66 Tahun, Satuan Lantas Polrestabes Makassar Kunjungi Rumah Kumuh
MAKASSAR – Dalam rangka menyambut HUT Lantas yang ke 66 Tahun, Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Andi Kumara mengandeng komunitas Vespa un...
Bersama Melawan Covid-1917 September 2021 11:43
Ratusan Pekerja THM di Makassar Divaksinasi, Berharap Segera Bekerja Kembali
Ketua AUHM, Zulkarnain Ali Naru menyampaikan vaksinasi kali ini dimaksudkan untuk menyasar lebih kurang 700 pekerja yang belum divaksin. Dosis vaksin...
News17 September 2021 09:42
Agung Sucipto Bersaksi Jika Nurdin Abdullah Tak Terlibat Dalam OTT
Terdakwa Agung Sucipto (AS) membeberkan sejumlah fakta persidangan. Ia bersaksi, jika Nurdin Abdullah (NA) sama sekali tidak terlibat dalam penyerahan...