Logo Lintasterkini

Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik Penerapan SPM

Redaksi
Redaksi

Kamis, 25 April 2024 15:10

Ilustrasi.
Ilustrasi.

JAKARTA – Standar Pelayanan Minimal (SPM) Sulsel masuk lima besar terbaik nasional bersama Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah.

Atas keberhasilan tersebut, Pemprov Sulsel dianugerahi penghargaan SPM Awards, yang diterima Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulsel, Idham Kadir, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (25/4/2024).

“Sulawesi Selatan masuk dalam lima besar provinsi terbaik dalam penerapan SPM. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami dibawah kepempimpinan Bapak Pj Gubernur untuk meningkatkan pelayanan publik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” kata Idham.

Indikator penilaian SPM Awards meliputi, Indeks Pencapaian SPM (IP-SPM), komitmen anggaran penerapan SPM, pelaksanaan sesuai dengan tahapan dalam penerapan SPM, pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM, penyusunan rencana aksi, kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulan pada aplikasi pelaporan SPM yang berbasis web (e-SPM).

“Pengumuman penerima penghargaan ini menjadi sebuah momen penting dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia, dan merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah daerah dalam menerapkan SPM,” jelas Idham.

Diketahui, pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui implementasi SPM. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 dan Permendagri Nomor 100 Tahun 2018 yang kemudian diperbarui dengan Permendagri Nomor 59 Tahun 2018, mekanisme dan strategi penerapan SPM telah dijabarkan secara rinci.

Tujuan utama dari penerapan SPM adalah untuk meningkatkan komitmen kepala daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong penerapan SPM di daerah agar dilaksanakan secara optimal.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, SPM Awards diadakan sebagai ajang penghargaan bagi provinsi, kabupaten, dan kota yang berkinerja terbaik dalam penerapan SPM.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juli 2024 18:40
Ekspansi ke IKN, Kalla Beton Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan Infrastruktur
PENAJAM – Kalla Beton terus melakukan ekspansi bisnis di berbagai wilayah. Selain di wilayah Sulawesi, kini perusahaan manufaktur milik KALLA in...
Pemerintahan15 Juli 2024 17:21
Pembangunan Gedung Makassar Government Center Siap Dilanjutkan ke Tahap Kedua
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan gedung Makassar Government Center atau MGC siap dilanjutkan ke tahap ke...
Pemerintahan15 Juli 2024 13:52
Dorong Kreatifitas Program Kerja Remaja Masjid, Kesra Makassar Beri Pelatihan
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar memberi pelatihan kepada 1.500 remaja masjid di Kota Makassa...
Pemerintahan15 Juli 2024 11:11
Sukses Terselenggara, Event Beautiful Malino 2024 Berhasil Tarik Minat Pengunjung
GOWA – Pelaksanaan Beautiful Malino 2024 yang digelar sejak tanggal 12-14 Juli 2024 berjalan lancar dan meriah. Kegiatan yang dipusatkan di Huta...