Logo Lintasterkini

Disnaker Gowa Gandeng KOTAKU Latih Tukang

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 26 Agustus 2021 15:58

nit Pelaksa Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa bersama Koordinator Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku) Wilayah IV melaksanakan pelatihan Tukang, Kamis (26/8/2021)
nit Pelaksa Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa bersama Koordinator Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku) Wilayah IV melaksanakan pelatihan Tukang, Kamis (26/8/2021)

GOWA – Unit Pelaksa Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa bersama Koordinator Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku) Wilayah IV melaksanakan pelatihan Tukang, Kamis (26/8/2021)pagi.

Kepala Unit pelaksana Teknis, Balai Latihan Kerja, is mengatakan Pelatihan ini diikuti sebanyak 16 Tukang yang berasal dari Kabupaten Gowa, Takalar dan Jeneponto.

“Ada 16 Tukang yang mengikuti pelatihan ini. Pelatihan ini juga yang pertama kali kita selenggaran bekerjasama dengan Kotaku wilayah IV,”katanya.

Muhlis juga menjelaskan dalam pelatihan tersebut, para peserta diberikan beberapa materi terkait teknik pertukangan yang berhubungan dengan bidang infrastruktur saat mereka bekerja nanti diapangan.

“Ada beberapa materi, selain berkaitan dengan infrastuktur, kita juga berikan materi tentang kesehatan, keselamatan kerja (K3), perubahan pola pikir dan teknik pertukangan yang dapat menjadi bekal para tukang agar tercipta pekerjaan yang berkualitas,”ucapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Kabupaten Gowa, H. Salahuddin berharap pelatihan ini dapat menambah wawasan dan kompetensi bagi para tukang sesuai bidangnya.

“Tentunya melalui pelatihan ini peserta yang hadir dapat bertambah wawasannya sesuai dengan profesinya sebagai tukang. Dan yang terpenting setelah mengikuti pelatihan, yang dulunya hanya tukang dapat menjadi kepala tukang,”ucapnya, usai membuka Pelatihan Tukang, di Aula Balai Latihan Kerja (BLK), Sungguminasa.

Sementara itu Koordinator Kotaku (Korkot) wilayah IV, Nurliah Ruma mengatakan melalui pelatihan ini, para tukang atau peserta yang hadir nantinya mampu bekerja dengan baik dilapangan.

“Saya kira pelatihan ini penting bagi tukang, sebab kerja dibidang infrakstruktur mereka di lapangan secara teknik harus mereka kuasai dengan baik dan mengatongi legalitas sertifikat dari BLK,”ungkap Nurliah Ruma.

Usai mengikuti pelatihan, para peserta Juga akan langsung mengikuti praktek bidang infrastuktur, seperti teknik pemasangan paving, drainase dan konstruksi bangunan di kelurahan Parambanoa, kecamatan Pallangga. Selain itu para peserta Juga akan mendapatkan sertifikat dari Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Kabupaten Gowa. (*).

Penulis : Syam

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...