Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Zudan: Strategi Kolaboratif Turunkan Angka Stunting

Redaksi
Redaksi

Selasa, 28 Mei 2024 10:15

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh. (Foto: Pemprov Sulsel)
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh. (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh, dan Sekretaris Utama BKKBN, Tavip Agus Rayanto, membuka Temu Regional 3 Sulawesi, Maluku, dan Papua dan Intervensi Serentak Percepatan Stunting 2024, di Hotel Melia Makassar, Senin (27/5/2024).

Prof Zudan mendukung gerakan penanganan stunting, termasuk intervensi secara nasional yang akan dilaksanakan di Juni 2024 mendatang.

“Ini persiapan diawali di Sulawesi Selatan, gerakan nasional ini dari Pak Presiden (Joko Widodo) dan Pak Wapres (Ma’ruf Amin) yang memiliki komitmen yang tinggi untuk menurunkan stunting,” kata Prof Zudan.

Dia mengungkapkan, akan dilakukan langkah strategis bersama 24 kabupaten/koya yang berkoordinasi setiap dua minggu sekali untuk dicek. Demikian juga dengan Gerakan Ayo Ke Posyandu dan Gerakan Ayo Ke Puskesmas.

“Diawali dengan pendataan dari ibu, bapak, serta pendataan ibu dan bapak yang menikah dan ibu hamil. Itu didata dari awal sehingga bisa diberikan pencegahan agar tidak terjadi stunting dengan cara ibu dan bapak yang mau menikah sehat,” jelasnya.

Demikian juga dengan ibu hamil dipastikan sehat. Kemudian semua bayi harus ditimbang dan diukur setiap bulan agar bisa diketahui pertumbuhannya.

Berdasarkan hasil SKI 2023 prevalensi stunting provinsi Sulsel 27,4 persen, naik 0,2 persen dari 27,2 persen hasil SSGI 2022.

“Dengan data yang berbeda tersebut, lebih bagus kita jadikan sebagai alert system dengan menggunakan intervensi yang 27 persen sehingga tidak ada yang terlewat,” ucapnya.

 Komentar

 Terbaru

News25 Juni 2024 10:50
Gunakan KN Sar Kamajaya 104, Basarnas Berhasil Evakuasi Tiga POB Speedboat Free Dive yang Alami Mati Mesin
MAKASSAR – Tiga POB (Person On Board) Speedboat Free Dive berhasil dievakuasi oleh Tim Sar Gabungan menggunakan KN Sar Kamajaya 104 dan telah ti...
News25 Juni 2024 10:38
Iqbal Lubis Kembali Pimpin PFI Makassar
MAKASSAR – Presidium Sidang Musyawarah Daerah Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar ke-VI akhirnya menetapkan Iqbal Lubis dan Sanovra Junior den...
News25 Juni 2024 09:05
Tujuh Pejabat Eselon II Berebut Kursi Sekda Makassar
MAKASSAR – Tujuh pejabat eselon ll Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mendaftar mengikuti lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Makassar. Pani...
Gaya Hidup25 Juni 2024 08:15
8 Tanda Seseorang Memberi Harapan Palsu, Jangan Terjebak!
LintasTerkini.com – Pemberi harapan palsu, atau yang sering disingkat sebagai PHP, adalah istilah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia ...