Logo Lintasterkini

Mencengangkan, Belanja Narkotika Indonesia Capai Rp72 Triliun per Tahun

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 31 Maret 2017 14:39

Ilustrasi.
Ilustrasi.

LINTASTERKINI.COM – Mencengangkan. Belanja narkotika di Indonesia bisa mencapai angka Rp72 Trliun dalam setahun. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso menyebutkan hal itu. Dikatakan pula, berdasarkan monitoring BNN, ada 72 jaringan narkoba yang aktif di Indonesia.

Itulah sebabnya, Indonesia saat ini berada dalam darurat narkoba. Berbagai jenis narkoba marak beredar, mulai dari narkoba dari jaringan internasional, tembakau gorilla, sampai permen yang diduga mengandung narkoba.

Sementara itu, ada 11 negara yang menyuplai narkotika ke Indonesia dengan berbagai macam jenis. Narkotika tersebut tidak ada yang diekspor kembali atau hampir semuanya terserap di negara tujuan. Dalam satu tahun, transaksi narkotika bisa mencapai Rp3,6 Triliun.

“Kalau satu jaringan rata-rata setahun dapat Rp1 triliun saja, maka belanja narkotika di negara kita Rp72 triliun dalam satu tahun,” ujar Budi, saat mengisi diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (31/3/2017).

“Ini sangat luar biasa. Dari fakta-fakta yang kami ungkap. Ini jadi keseriusan negara kita,” ujar pria yang akrab disapa Buwas itu.

Buwas mencontohkan, suplai sabu dan ekstasi dari Tiongkok cukup besar ke Indonesia. Secara geografis, kata Buwas, Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan banyak pelabuhan tikus sangat rentan disusupi narkotika dari berbagai penjuru.

Saat ini, tercatat sebanyak 800 jenis narkotika baru di dunia. Sebanyak 60 di antaranya telah masuk ke Indonesia. Namun, karena terbatasnya laboratorium di Indonesia, baru 43 di antaranya yang bisa diusut secara hukum. Sedangkan 17 lainnya peredarannya tidak bisa ditindaklanjuti secara hukum.

“Maka ke depan kita harus berpikir ancaman ke depan yang lebih serius karena cepat atau lambat jenis ini akan masuk ke Indonesia,” kata Buwas. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 14:29
SPKLU Semakin Mudah Dijangkau, BYD dan Haka Auto Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia
JAKARTA – Di tahun ini, dua hal yang menjadi keraguan umum dari masyarakat Indonesia terkait kemampuan daya jelajah dan ketersediaan fasilitas pengi...
News25 Oktober 2024 13:03
Rumah Pengusaha Skincare Mirahayati Disegel, Tidak Kantongi IMB
MAKASSAR – Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar mendatangi bangunan mewah yang diduga milik pengusaha kosmetik Mirahayati pada Jumat (25/...
Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 12:47
Late Nite Shopping TSM Makassar Hadir dengan Diskon Spesial hingga 70%
MAKASSAR – Merayakan HUT Trans Studio Mall (TSM) Makassar yang ke-14, TSM akan menggelar program Late Nite Shopping pada Sabtu, 26 Oktober 2024....
Hukum & Kriminal25 Oktober 2024 10:47
Dokter Dianiaya di IGD Rumah Sakit Makassar, Pelaku Langsung Ditangkap
MAKASSAR – Sebuah video penganiayaan terhadap seorang dokter di Makassar menjadi viral di media sosial. Kejadian ini terjadi di Rumah Sakit Otak...