Logo Lintasterkini

Ingin Terhindar dari Godaan Korupsi, Ini 5 Tips Jitunya

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 02 Maret 2021 06:34

ilustrasi uang
ilustrasi uang

JAKARTA – KPK resmi menetapkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sebagai tersangka atas dugaan korupsi proyek di Sulawesi Selatan. Di tengah pandemi corona seperti saat ini, Nurdin Abdullah disebut-sebut menerima uang Miliaran rupiah sebagai supa atas proyek dari seorang kontraktor.

Nah, kalian tau tidak kalau sebenarnya kita itu punya potensi untuk melakukan korupsi lho. Contoh kecilnya nih, saat minta uang ke orang tua untuk membeli buku, jumlahnya dilebihkan sedikit untuk tambahan uang jajan. Itu sudah termasuk korupsi lho.

Lalu ada nggak sih tips untuk menghindari diri dari godaan korupsi? Jawabannya pasti ada dong. Melansir berbagai sumber, dan dikutip dari indozone.id, inilah beberapa tips agar terhindar dari godaan korupsi.

1. Taat Kepada Tuhan
Bagi umat yang beragama, mendekatkan diri kepada Tuhan dan taat dengan segala aturannya adalah salah satu hal dasar yang harus kamu lakukan agar bisa terhindar dari godaan korupsi. Jadikan hal ini pondasi dalam hidup kamu agar kamu bisa mengendalikan diri apabila berjumpa dengan godaan korupsi, baik yang kecil maupun besar.

2. Ingat Tujuan Awal
Dengan mengingat tujuan awal, pikiran kamu akan kembali terfokuskan kepada pekerjaan dan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Maka pastikan sebelum memulai pekerjaan, kamu tentukan tujuan awal untuk menyelesaikannya sesuai dengan perintah.

3. Baca Siksaan di Akhirat
Dalam setiap agama tentunya memiliki gambaran masing-masing tentang siksaan yang akan diterima oleh orang yang melakukan pencurian hak orang lain di dunia. Dengan membaca siksaan tersebut, kamu harusnya sudah bisa membayangkan bagaimana siksaan yang akan kamu terima jika kamu korupsi.

4. Sesuaikan Gaya Hidup
Salah satu faktor yang mendorong orang mau korupsi adalah godaan uang instan untuk memperkaya diri. Selain itu, gaya hidup juga menjadi faktor penyebab orang melakukan korupsi. Masalah ini bisa kamu atasi dengan menyesuaikan gaya hidup kamu.

5. Membaca Doa Anti Korupsi
Untuk Sahabat Indozone yang memeluk agama Islam, nggak ada salahnya untuk membaca surat Al-Qur’an berikut ini. Bacaan ini bisa mengingatkan kamu untuk tidak mengambil rezeki yang haram seperti korupsi.

“Ya ayyuhallazina amanu kulu min tayyibati ma razaqnakum wasykuru lillahi ing kuntum iyyahu ta’budun”
Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rejeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS 2 Al Baqarah ayat 172). (*)

 Komentar

 Terbaru

Miniatur F8 Bakal Sambut Muhibah Budaya dan Festival Rempah 2021
Wisata dan Budaya22 April 2021 04:23
Miniatur F8 Bakal Sambut Muhibah Budaya dan Festival Rempah 2021
Danny Pomanto mengapresiasi dan mendukung rencana festival pelayaran tersebut....
5 Pasangan Bukan Pasutri Kepergok Pesta Miras di Gowa
Ramadhan22 April 2021 03:39
5 Pasangan Bukan Pasutri Kepergok Pesta Miras di Gowa
Tim UKL 02 telah mengamankan lima pasangan pria dan wanita di salah satu indekos di wilayah Kecamatan Somba Opu....
Danny Maknai Hari Kartini Teladan Emansipasi Wanita Masa Kini
News22 April 2021 03:35
Danny Maknai Hari Kartini Teladan Emansipasi Wanita Masa Kini
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menyampaikan harapannya pada peringatan Hari Kartini, Rabu (21/04/2021)....
Di Hari Kartini, Kapolsek Parangloe Berbagi Sembako ke Warga
News22 April 2021 00:38
Di Hari Kartini, Kapolsek Parangloe Berbagi Sembako ke Warga
Tidak hanya menyasar keluarga prasejahtera, bantuan bingkisan sembako itu juga diberikan kepada marbot Masjid....