Logo Lintasterkini

AGMS Layangkan Aduan Dugaan Tipikor Pengaspalan KIPA Palopo ke Kejagung dan Bareskrim

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 04 Juli 2024 11:32

AGMS Layangkan Aduan Dugaan Tipikor Pengaspalan KIPA Palopo ke Kejagung dan Bareskrim
AGMS Layangkan Aduan Dugaan Tipikor Pengaspalan KIPA Palopo ke Kejagung dan Bareskrim

MAKASSAR – Alinasi Gerakan Mahasiswa Sulsel (AGMS) melayangkan aduan adanya dugaan tindakan pidana korupsi (Tipikor) proyek Pengaspalan Kawasan Industri Palopo (KIPA) tahun 2021 ke Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Badan Reserse Kriminial (Bareskrim) Polri, Rabu (3/7/2024). Proyek tersebut senilai kontrak Rp 5 miliyar pada tahun anggaran 2021.

Diketahui, kasus ini mulai mencuat sejak Mei 2024 lalu. Dalam kasus tersebut terdapat dugaan permintaan fee (suap) sebesar Rp500 juta atas pekerjaan proyek pengaspalan. Oknum kontraktor HT memberikan fee kepada kepada pejabat di Palopo berinisial H. Dugaan tindak pidana korupsi ini juga diduga melibatkan mantan kepala dinas di Palopo inisial FKJ.

“Tadi siang kami sudah masukkan aduannya dugaan korupsi gratifikasi berupa pemberiaan fee yang melibatkan seorang pejabat Palopo inisial H. Aduannya kami masukkan ke Kejagung dan Bareskrim,” ucap Rifaldi, perwakilan Alinasi Gerakan Mahasiswa Sulsel di Jakarta.

Rifaldi juga menegaskan aduan tersebut disertai bukti berupa foto saat pemberian fee di sebuah ruko di Jalan Rambutan Kota Palopo.

“Kami kantongi bukti berupa foto. Dalam foto itu pejabat bersangkutan menerima kresek hitam yang diduga berisi uang fee proyek itu,” kata Rifaldi.

“Nilai dugaan gratifikasi, sekitar 500 juta. Diduga permintaan fee atas pekerjaan proyek dinas PU,” tutupnya.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa juga berdemonstrasi terkait dugaan korupsi proyek Pengaspalan Kawasan Industri Palopo (KIPA) pada Senin (24/6/2024) Mereka mendesak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel mengusut kasus yang diduga melibatkan pejabat Palopo inisial H dan mantan kepala dinas di Kota Palopo inisial FKJ. (*rilis)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan19 Juli 2024 07:30
Kesra Kota Makassar Gelar Pelatihan Manajemen untuk 1.500 Pengurus Masjid
MAKASSAR – Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Makassar menggelar Manajemen Pengelolaan Masjid kepada 1.500 pengurus...
Ekonomi & Bisnis18 Juli 2024 19:43
Kalla Toyota Hadirkan Agya Limited Series, Angsuran 3 Jutaan dan Gratis Branding Special Edition
MAKASSAR – All New Agya menjadi salah satu kendaraan di segmen LCGC (Low-Cost Green Car) yang memiliki banyak peminat. City car ini menawarkan h...
News18 Juli 2024 18:19
Hendak Memancing di Perairan Bira Bulukumba, Tim Sar Gabungan Temukan Nelayan Hanyut di Perairan Jeneponto
MAKASSAR – H Salling (50), nelayan yang dilaporkan belum kembali melaut di perairan Bira Bulukumba akhirnya ditemukan Tim Sar Gabungan hanyut di...
News18 Juli 2024 13:59
Pelindo Regional 4 & Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan
MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersama Satuan Tugas (Satgas) Saber Pungli Republik Indonesia menggelar Sosialisasi Penguatan...