Logo Lintasterkini

Waspada! 22 Provinsi Ini Potensi Cuaca Ekstrem

Maulana Karim
Maulana Karim

Jumat, 06 Agustus 2021 10:12

Ilustrasi cuaca ekstrem(Shutterstock)
Ilustrasi cuaca ekstrem(Shutterstock)

MAKASSAR– Peringatan dini terkait Cuaca Ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat telah dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Cuaca Ekstrem itu diperkirakan terjadi di 22 provinsi di Tanah Air pada Jumat (6/8/2021).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir dan angin kencang. Waspada juga adanya tingginya suhu udara yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan,” demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 19 derajat hingga 34 derajat celsius dengan kelembaban udara 50% hingga 100%.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dominan bergerak dari selatan hingga barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Utara Sabang, Perairan selatan Pulau Sumba, Perairan selatan Kupang hingga Pulau Rotte dan Laut Banda.

Waspada tinggi gelombang 4-6 meter (sangat tinggi) yang berpeluang terjadi di Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTB.

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.(*)

Penulis : mul

 Komentar

 Terbaru

News18 September 2021 17:57
Razia Kos-kosan, Polisi Temukan Pasangan Penyuka Jenis dan Kondom Bekas Pakai
Razia kos-kosan kembali dilancarkan aparat kepolisian. Kali ini, sepasang pria diduga penyuka sesama jenis dan tiga pasangan muda-mudi terjaring razia...
News18 September 2021 17:02
Putus Mata Rantai Covid-19, Polsek Tamalate Suskes Gelar Vaksinasi Presisi Pelajar di SMAN 20 Makassar
MAKASSAR– Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, terus digencarkan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Bahkan, pemerintah pusat sudah mener...
Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...