Logo Lintasterkini

Panglima TNI Tinjau Korban Gempa Bumi Mamuju

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 17 Januari 2021 17:04

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P meninjau korban gempa bumi di Mamuju.
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P meninjau korban gempa bumi di Mamuju.

MAMUJU — Setelah meninjau dan menyampaikan bantuan Presiden Jokowi di Kalimantan Selatan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P langsung bertolak ke Kabupaten Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (16/01/2021). Kunjungan Panglima TNI ini untuk meninjau, melihat dan mendengar langsung serta menyerahkan bantuan dari Presiden Joko Widodo.

Bantuan yang diserahhkan sebanyak 10.000 paket sembako kepada masyarakat yang terkena musibah bencana gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR dan menelan 56 korban jiwa. Sebelumnya, pada Jumat, (15/01/2021), Hadi Tjahjanto memerintahkan jajaran TNI untuk menerjunkan prajurit dan bantuan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk membantu korban gempa di lokasi tersebut.

Kegiatan diawali dengan mengunjungi posko pengungsian di Kantor Gubernur Sulawesi Barat. Di lokasi ini, ia menerima penjelasan dari Komandan Korem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P terkait situasi dan kondisi saat ini pasca gempa bumi.

“Saat ini TNI terus mempersiapkan langkah-langkah berikutnya, langkah evakuasi korban sudah dilaksanakan. Kemudian langkah berikutnya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada para korban,” papar Hadi Tjahjanto.

Untuk itu dalam beberapa hari nanti, lanjut Panglima TNI lagi, akan dihadirkan KRI dr. Soeharso, apalagi ia melihat kondisi Lanal tidak ikut mengalami kerusakan. Bagi korban patah tulang, termasuk korban akibat yang lain bisa dirawat atau dioperasi apabila diperlukan di KRI Soeharso.

Lebih lanjut Hadi Tjahjanto menekankan kepada jajaran, untuk para korban juga harus dipersiapkan bantuan sembako yang saat ini sudah mulai berdatangan, baik dari Jakarta melalui jalur udara dan dari wilayah-wilayah sekitar Mamuju. Dikatakan dia, yang perlu diperhatikan adalah sistem distribusi bantuan yang saat ini sedang berjalan, harus benar-benar diamankan mulai dari pemberangkatan sampai menuju wilayah Mamuju.

Panglima TNI menekankan pengawalan dari aparat TNI-Polri sampai bantuan tersebut benar-benar sampai ke gudang dan petugas segera mendistribusikan karena masyarakat memerlukan bantuan tersebut.

Permasalahan-permasalahan lain contohnya beberapa gedung juga dalam kondisi hancur, Panglima TNI menginstruksikan kepada Pangdam, Danrem untuk menggerakan anggota membersihkan puing-puing dan juga akan dibantu dari Batalyon Zeni.

“Semoga tidak terlalu lama kita bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Mamuju ini dengan baik dan aktifitas perekonomian di Mamuju juga bisa berjalan dengan baik,” harap dia.

Kegiatan dilanjutkan Panglima TNI dan rombongan meninjau RSUD Sulawesi Barat yang saat ini banyak menampung korban gempa. Di tempat ini Hadi Tjahjanto berdialog langsung dengan beberapa tenaga medis dan meninjau tenda-tenda darurat tempat perawatan korban, setelah itu dia kembali mengunjungi Stadion Manakara untuk berdialog dengan para korban gempa. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Januari 2022 14:54
Polisi Tangkap Penyebar Video Mesum Pelajar di Tana Toraja
TORAJA – Aparat Reskrim Polres Tana Toraja melakukan penangkapan terhadap YP (22) karena diduga merekam dan menyebarkan video mesum. YP (22), ad...
News20 Januari 2022 13:30
Sampah di Jalan Deppasawi Dalam Dibersihkan, Warga Apresiasi Camat Tamalate
"Hampir setiap hari warga membuang sampah di lokasi tersebut karena melihat ada penumpukan sampah. Jadi warga mengira kalau tempat itu jadi tempat sam...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 10:08
Sempat Ditahan di Polres Palopo, Warga Palopo ini Minta Keadilan ke Presiden Jokowi
"Selama 56 hari dari sejak tanggal 31 Desember 2020 sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 saya ditersangkan membuat dan memalsukan surat kematian ole...
Hukum & Kriminal20 Januari 2022 01:35
Klinik Kecantikan di Makassar Ini Sudah Palsukan 100 Lembar Hasil PCR
Ia ditahan setelah disangkakan dugaan pemalsuan hasil tes PCR COVID-19. Pelaku diamankan Polrestabes Makassar di klinik miliknya pada Jumat (14/1/2022...