Logo Lintasterkini

Ternyata Menikahi Gadis Bugis-Makassar Itu Gak Gampang Lho! Anda Wajib Lalui 3 Tahapan Ini

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Sabtu, 25 Januari 2020 23:15

Gadis Bugis-Makassar. (Instagram nino_hadriani).
Gadis Bugis-Makassar. (Instagram nino_hadriani).

Menikah merupakan sebuah dambaan setiap insan manusia. Pasalnya, membina hubungan dengan lawan jenis yang dilakukan satu kali seumur hidup adalah keinginan semua orang.

Namun, di Indonesia, prosesi pernikahan memiliki beragam cara untuk Anda lakoni. Sebab, ada beberapa ketentuan adat istiadat yang mengatur di setiap Suku yang ada. Salah satunya pada Suku Bugis-Makassar.

Diketahui, Adat pernikahan Bugis-Makassar sempat jadi trending topic di Indonesia. Bukan hanya mewah, proses tradisional ini juga dikenal dengan uang panai alias mahar dengan nilai fantastis. Hal ini sempat bikin heboh karena memang tak terlalu lumrah bagi masyarakat daerah lain.

Nah, bagi Anda yang punya pacar atau calon istri orang Suku Bugis Makassar Anda harus tahu lho kalau memperistri alias menikahi mereka itu gak semudah kelihatannya!

Maksudnya, kalau Anda berniat untuk menikahi gadis Bugis Makassar ada sederet tahapan adat yang perlu Anda penuhi agar diperbolehkan meminang gadis pujaan Anda itu. Ingin tahu apa saja tahapan yang mesti Anda lalui untuk mempersuntingnya? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Tahapan Mappese-pese alias pendekatan

Melamar gadis Suku lain mungkin berbeda dengan Suku Bugis-Makassar, kalau menurut adat Bugis Makassar Anda wajib melakukan pendekatan dahulu ke keluarga besar atau minimal keluarga inti gadis pujaan Anda itu. Tahap yang juga dikenal dengan istilah Mappese-pese (dalam bahasa lokal) ini bertujuan untuk membicarakan niat baik Anda melamar gadis pujaan. Namun disatu sisi megharuskan Anda membawa seorang wakil keluarga, bukan orangtua melainkan adik atau kakak baik dari ayah atau ibu yang dianggap paling bijak dan bisa mewakili keluarga Anda.

Perlu juga Anda tahu, saat melakukan tahapan ini Anda wajib membawa seserahan atau oleh-oleh minimal kue-kue untuk simbol hantaran bagi keluarga gadis pujaan Anda. Sebagai catatan, jika keluarga Anda gak mungkin datang ke rumah gadis dan bertemu orangtuanya maka gak masalah kalau dalam proses ini Anda datang sendirian.

Tak hanya itu yah! Nih perlu juga Anda tahu, jadi segala pengambilan keputusan termasuk masalah hari lamaran ataupun uang panai (uang syarat untuk meminang gadis Bugis Makassar) gak bisa dilakukan. Soalnya, hal itu urusan keluarga besar gak bisa diputuskan sendiri.

2. Tahap Massuro atau Madduta alias Melamar

Untuk tahap ini,anda bisa lakoni jika sudah melalui tahap awal tadi yah! Jadi tahap melamar atau dalam bahasa setempat disebut sebagai Massuro atau Madduta. Tahapan ini cukup unik yah! sebab, dalam tahapan ini baik Anda maupun kedua orang tua Anda gak diperkenankan ikut. Jadi, saat melamar Anda hanya akan diwakili oleh kerabat dekat Anda yang jumlahnya gak terlalu banyak, paling sekitar 10-an orang dan seorang juru bicara untuk bernegosiasi dengan pihak keluarga.

Jadi ditahap ini biasanya akan dibicarakan soal uang panai dalam bahasa Makassar atau dui menre dalam bahasa Bugis serta sompa (persembahan). Uang panai seperti dijelaskan di atas adalah uang yang perlu Anda bayarkan kepada orang tua gadis dalam rangka meminang si gadis.

uang panai atau dikenal dengan sebutan uang panaik adalah perlambang penghormatan suku Bugis-Makassar terhadap kaum perempuan, diwujudkan secara spesifik sebagai penghormatan calon suami terhadap calon istri.

3. Tahap menentukan hari alias (mappetu ada) dengan mengantarkan uang pesta (mappenre dui)

Tahap ketiga ini sudah menjadi proses akhir dalam rangkaian tahapan untuk menikahi gadis Bugis Makassar. Jadi, artinya kedua keluarga termasuk keluarga pria itu wajib datang semua. Makin banyak bawa keluarga, maka Anda bakal dianggap punya keluarga besar yang kompak dan menggambarkan juga kesungguhan Anda dan keluarga Anda dalam meminang atau menjalin hubungan kekeluargaan.

Jadi, saat tahap ini Anda juga sudah wajib siap mental untuk menikah dan tentunya sudah menyiapkan sejumlah seserahan atau dalam bahasa Makassar disebut sebagai bosora.

Kedua tahap terakhir ini biasanya akan dilanjutkan dengan prosesi ijab kabul dan juga resepsi pernikahan demi menghemat waktu.

Itulah beberapa tahap yang mesti Anda lalui untuk mempersunting atau menikahi gadis Bugis-Makassar! Nah, apakah anda sudah siap? Kalo sudah siap segerakan ajah yah! ?(*)

Penulis : Supri Ganteng

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...
News28 Juli 2021 23:39
Fadel Muhammad Tauphan Mantapkan Niat Jadi Ketua HIPMI Makassar
"Jabatan ketua bukanlah satu-satunya alasan saya maju di bursa pemilihan ini. Akan tetapi, ini jalan kami untuk berjuang menuangkan ide dan gagasan ka...