Logo Lintasterkini

Wah! Ternyata 97 Ribu Data PNS Fiktif Mulai Sejak 2002

Andi
Andi

Rabu, 26 Mei 2021 09:07

Ilustrasi PNS.
Ilustrasi PNS.

JAKARTA — Fakta mengejutkan terkuak dalam temuan 97 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) fiktif yang tetap menerima gaji dan dana pensiun. Hal tersebut diungkapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Mengutip PRFM, Plt Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono menuturkan hal ini terjadi karena PNS tersebut tidak ikut dalam pendataan ulang yang dilakukan secara nasional pada tahun 2002 hingga 2003 silam.

Adanya sejumlah PNS yang tidak ikut dalam program Pendataan Ulang PNS (PUPNS) ini disebabkan sejumlah faktor.

Menurutnya, ketika itu (2002) ada PNS yang tidak mendapatkan informasi mengenai program PUPNS. Ada juga PNS yang sedang sakit, berada di daerah terpencil, sedang ikut tugas belajar, atau sedang cuti di luar tanggungan negara, sehingga tidak mengetahui adanya program PUPNS.

Kala itu, kata Paryono, BKN berhasil meminta agar para PNS yang tidak ikut program PUPNS untuk segera menyerahkan surat keterangan masih aktif atau sudah tidak aktif sebagai PNS, dalam rangka pemutakhiran data secara nasional.

Peristiwa penemuan data PNS fiktif kembali terjadi ketika BKN mengadakan program PUPNS pada 2014.

Seperti yang dimumkan Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, hampir 97 ribu data PNS fiktif saat dilakukan pengecekan secara merinci.

Fakta mengenai adanya 97 ribu PNS fiktif kemudian digulirkan kembali dan menjadi bahan pemberitaan media secara nasional.

Dijelaskan Paryono, BKN saat ini terus melakukan penelusuran terhadap 97 ribu PNS fiktif ini.

Salah satu cara untuk segera menyelesaikan permasalahan tentang adanya 97 ribu PNS fiktif tersebut, yakni dengan cara penyelenggaraan pemutakhiran data dalam program nasional bertajuk ‘Pemutakhiran Data Mandiri’.

Program Pemutakhiran Data Mandiri ini ditujukan kepada para PNS untuk ikut serta dalam proses pendataan ulang. Sesuai rencana BKN, program data ulang PNS secara nasional tersebut akan dimulai pada tahun 2021 ini.

Untuk menyukseskan program data ulang, Paryono pun meminta kesadara para PNS untuk ikut serta dalam program Pemutakhiran Data Mandiri.

Nantinya, para PNS akan melakukan update data secara mandiri melalui aplikasi digital yang disediakan oleh BKN.

Harapannya dengan keikutsertaan semua PNS di seantero negeri, tidak akan ada lagi data PNS fiktif yang tetap menerima gaji dan dana pensiun di Indonesia.(*)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan20 April 2024 10:59
Walikota Makassar Jamu Makan Malam Konjen Filipina, Marry Jennifer: Saya Terkesan dengan Makassar
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu ...
News20 April 2024 10:17
Satpol PP Makassar Sudah Turun Tangani Pak Ogah, Masyarakat Tagih Janji Ditlantas
MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Satuan Polisi Paming Praja (Satpol PP) intens turun melakukan penanganan dan penindakan ter...
News20 April 2024 09:30
Dispora Makassar Gelar Pemuda Fest 2024, Gelorakan Kreatifitas Hingga Beri Edukasi
MAKASSAR – Pemuda Fest 2024 resmi digelar di Makassar. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar. Ratusan orang nampak h...
Pendidikan20 April 2024 08:43
Semangat Kebersamaan, TK Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Halal Bi Halal 
MAKASSAR – Semarak silaturahmi terasa di TK Islam Athirah Bukit Baruga hari Jumat 18/4 pasca libur lebaran dengan mengadakan kegiatan Halal Bi H...