Logo Lintasterkini

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Provinsi Dihadiri Bawaslu Sulsel

Fakra
Fakra

Minggu, 03 Maret 2024 15:38

Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara tingkat provinsi sulawesi selatan pada Pemilu tahun 2024 digelar Claro Hotel Makassar, Minggu (3/3/2024). (Foto:ist)
Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara tingkat provinsi sulawesi selatan pada Pemilu tahun 2024 digelar Claro Hotel Makassar, Minggu (3/3/2024). (Foto:ist)

MAKASSAR – Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara tingkat provinsi sulawesi selatan pada Pemilu tahun 2024 digelar Claro Hotel Makassar, Minggu (3/3/2024).

Hadir Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan.

” Bawaslu dalam tugas pengawasannya tidak hanya berkutat pada angka-angka numerik,”kata Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana.

Tetapi di balik angka, lanjut Mardiana, yang dipelajari ada tiga poin yang harus dijalankan sebagai mandatoring.

Pertama, memastikan hak konstitusi itu berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kedua, suara-suara yang dikonversi menjadi kursi, itu memberikan keadilan bagi yang berhak bagi keterwakilannya.

“Dan tiga, kami sebagai bawaslu dan jajaran menjalankan pengawasan untuk penegakan keadilan pemilu,” jelas Ana sapaannya.

Dalam proses tersebut kata Ana, tentu ada proses-proses, persidangan, mencatat peristiwa, dan memberikan rekomendasi terhadap proses yang dianggap keliru.

“Prosedural yang dianggap tidak tepat, itulah fungsi kehadiran bawaslu. Tidak hanya memastikan proses administrasi ini berjalan baik, tetapi memastikan hak dan keadilan bagi para kontestan itu dijaga,” tegas Ana.

Karenanya, kata Ana, konflik-koflik yang berkembang dalam tahapan yang terjadi antara KPU-Bawaslu harus dimaknai sebagai dinamika yang wajar.

“Jadi ada konflik ditengah KPU-Bawaslu, harus dimaknai sebagai dinamika kita dalam menjalankan mandat itu. Tugas kita bersama apa? memastikan Sulsel ini berjalan secara mandatori dan menjaga stabilitas politik hukum pemilu juga harus berjalan secara paralel,” jelasnya.(***)

 Komentar

 Terbaru

News17 Mei 2024 13:53
Kalla Future Leaders Kembali Hadir, Tantang Mahasiswa dan Fresh Graduate Pecahkan Business Case Berhadiah Puluhan Juta Rupiah
MAKASSAR – Kalla Future Leaders (KFL) kembali hadir untuk menguji business case skill dari mahasiswa dan fresh graduate. Seluruh tahapannya berj...
Pemerintahan17 Mei 2024 12:02
TP PKK Kota Makassar Raih Juara Tiga Padus Tingkat Nasional di HKG PKK ke-52 Solo
SOLO – TP PKK Kota Makassar berhasil meraih juara di Lomba Paduan Suara (Padus) tingkat nasional pada Jambore Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang...
News17 Mei 2024 10:46
Kapolres Sidrap dan Forkopimda Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rehabilitasi Polsek Dua Pitue
SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H didampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny Siska Erwin Syah, Waka Polres Kompol Ahma...
Ekonomi & Bisnis17 Mei 2024 10:13
Kalla Toyota Hadir di Career Experience Day Kalla
MAKASSAR – Kalla Toyota, salah satu dealer Toyota terbesar di Indonesia kembali membuka peluang karir bagi para mahasiswa dan fresh graduate melalui...