Logo Lintasterkini

Tak Pernah Jera Dipenjara, Residivis Curanmor di Makassar Kembali Ditangkap

Maulana Karim
Maulana Karim

Selasa, 06 Juli 2021 20:14

Polisi Tangkap Residivis Curanmor di Makassar. (Istimewa).
Polisi Tangkap Residivis Curanmor di Makassar. (Istimewa).

MAKASSAR– Jajaran Resmob Kepolisian Sektor (Polsek) Panakkukang akhirnya menangkap komplotan pelaku tindak pidana pencurian bermotor atau Curanmor. Polisi menyebut komplotan curanmor ini merupakan residivis kasus yang sama.

“Jadi pelakunya ini ada dua, yakni WD (19) dan IB (20). IB diamankan unit Reserse Mobil (Resmob) Polsek Rappocini di kawasan Kecamatan Rappocini. Sedangkan, WD diamankan Resmob Polsek Panakkukang di lokasi persembunyiannya di Jalan Sero, Kecamatan Paccinongang, Kabupaten Gowa, pada Senin (5/7/2021),” kata Kapolsek Panakkukang, AKP Andi Ali Surya kepada awak media, Selasa (6/7/21).

Dia menjelaskan bahwa pelaku ini merupakan pemain lama dalam perkara pencurian kendaraan bermotor, dan sudah beberapa kali keluar masuk penjara.

“Kedua pelaku ini merupakan kawanan residivis curanmor yang diduga sering beraksi di Kota Makassar. Dari hasil penyelidikan ada empat TKP yang sementara teridentifikasi,” ujar Ali

Ali menyebut, bahwa saat ini pihaknya juga menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor jenis matik merek Honda Beat bernomor polisi DD 4236 MW.

Ia mengatakan, bahwa motor tersebut diduga milik korban yang dibawa kabur pelaku di Jalan Toddopuli 3, Kecamatan Panakkukang pada Sabtu 19 Juni 2021 lalu.

“Jadi modusnya kawanan residivis ini mengincar motor yang tidak terkunci stang. Kemudian pelaku mendorong motor itu dengan bantuan motor yang dibawanya bersama rekannya di salah satu rumah Jalan Toddopuli,” papar Alumni Akademi Kepolisian 2008 ini.

Dijelaskannya lagi, bahwa kedua pelaku mempreteli motor korbannya. Mereka membuat kunci duplikat untuk menjalankan aksinya.

“Korbannya karyawan swasta, kejadiannya siang, dan untuk sementara barang bukti baru satu motor dan ponsel milik pelaku,” ujarnya

Lebih lanjut, perwira Polri berpangkat tiga balok ini menambahkan, bahwa pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mencari jaringan curanmor tersebut. Ali juga mengimbau apabila ada masyarakat yang pernah mengalami kehilangan motor dengan modus serupa agar melapor ke Polsek terdekat.

“Jadi tidak berhenti sampai disini, karena terus akan kami lidik sampai ke akar-akarnya. Kami juga imbau masyarakat agar tetap berhati-hati dalam memarkir kendaraan khususnya sepeda motor, tetap gunakan kunci ganda apabila memarkir di tempat umum,” tegasnya.

Atas perbuatannya, kini para pelaku sementara menjalani pemeriksaan hukum intensif di Mapolsek Panakkukang guna menjalani proses hukum lebih lanjut.(*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...
News19 April 2024 16:05
Pj Gubernur Bahtiar Dianugerahi Gelar Adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja Bone
BONE – Dewan Adat Saoraja Bone menganugerahkan gelar adat kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Dengan nama Daeng Mappuji, gelar ini me...